Asal Mula Kata Tashawwuf

Diposting pada
Asal Mula Kata Tashawwuf

Berikut serba-makalah akan menyajikan asal mula kata tashawwuf. Di bawah penjelasannya.

Bila kita mengkaji asal kata sufi, baik melalui buku-buku atau kitab-kitab yang ditulis para ulama mulai pada masa lampau hingga saat sekarang ini belum pernah ada kesepakatan dari para ahli tentang masalah ini. Para ahli tashawwuf sendiri masih berbeda pendapat mengenai asal mula kata shufi itu. Ada yang mengatakan, bahwa lafadh shufi berasal dari kata Shafw, artinya bersih atau shafa, artinya jernih. Ada pula yang berpendapat bahwa kata tashawwuf itu berasal dari kata Shuffah, yaitu nama suatu kamar disamping masjid Rasulullah SAW di kota Madinah.¹

Ada sebagian ahli tashawwuf yang berpendapat bahwa Sufi berasal dari kata tashwwafa-yatashawwafu-tashawwufan, yaitu fi’il madli dari tsulatsi mazid ruba’i yang mendapatkan tambahan ta’ pada permulaannya dan tasydidi pada ‘ain fi’ilnya. Sedangkan tsulatsi mujarad dari lafadh tashawwafa adalah Shaafa yang artinya banyak bulu. Menurut ilmu sharaf bila ada wazan tafa’ala maka mengandung arti shairurah artinya menjadi, seperti lafadh:
Artinya: “Telah menjadi janda seorang wanita”.²

tashawwuf
Untuk mengetahui secara jelas kata-kata shufi, asal kata darii tashawwuf dimana kata ini pertama kali dipakai oleh seorang Zahid yang bernama Abu Hasyim Al Kufi (wafat tahun 150 H), maka perlu dikemukakan teori-teori sebagai berikut:³

Ahlu Shuffah

orang-orang yang ikut pindah dengan Nabi dari Makkah ke Madinah dan karena kehilangan harta, berada dalam keadaan miskin dan tak mempunyai apa-apa. Mereka tiggal di Masjid Nabi dan diatas bangku batu dengan memakai pelana sebagai bantal. Pelana disebut Shuffah. Inggrisnya Saddhle Cushion dan kata shofa dalam bahasa Eropa berasal dari kata shuffah. Sesungguhnya miskin Ahlus Shuffah berarti baik dan mulia. Sifat tidak mementingkan keduniaan, miskin tetapi berhati baik dan mulia itulah sifat-sifat kaum shufi.

Shof

Shof:pertama. Sebagaimana halnya dengan orang sembahyang di shaf pertama mendapat kemulyaan dan pahala, demikian pula kaum shufi dimuliakan Allah dan diberi pahala oleh Allah SWT.

Shufi

Shufi: dari dan yaitu suci. Seorang shufi adalah orang yang disucikan dan kaum shufi adalah orang-orang yang telah mensucikan dirinya melalui latihan berat dan lama.

Shopos

Shophos kata Yunani yang berarti hikmah. Orang shufi betul ada hubungannya denga hikmah, hanya harus dalam sophos ditranslitasikan kedalam bahasa Arab menjadi sin bukan shod sebagaimana kelihatan dalam kata Philoshophia. Dengan demikian seharusnya shufi ditulis dengan sufi bukan shufi.

Suf

Suf, kain yang terbuat dari bulu yaitu wol. Hanya kain wol yang dipakai shufi adalah wol kasar dan bukan wol halus seperti sekarang. Memakai wol kasar pada waktu itu adalah simbol kesederhanaan dan kemiskinan. Lawannya ialah memakai sutra oleh orang-orang yang mewah hidupnya dikalangan pemerintahan. Kaum shufi sebagai golongan yang hidup sederhana dan dalam keadaan miskin, tetapi berhati suci dan mulia, menjauhi pemakaian sutra dan sebagai gantinya memakai wol kasar.

Kelima teori diatas inilah tentang asal usul kata shufi atau secara etimologis. Dari kelima teori ini, teori nomor limalah yang banyak diterima sebagai asal kata dari shufi.

Demikianlah asal mula kata tashawwuf yang dapat serba-makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

Nb:

¹Saifulloh Al Aziz, Risalah Memahami Ilmu Tashawwuf, (Surabaya: Terbit Terang: 1988), hlm. 9

²Ibid.,hlm. 9

³Saifulloh Al Aziz, Risalah Memahami Ilmu Tashawwuf, (Surabaya: Terbit Terang: 1988), hlm. 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *