Cara Menulis Slogan atau Poster

Diposting pada
Cara Menulis Slogan atau Poster

Cara Menulis Slogan atau Poster – Tujuan Menulis slogan atau poster adalah agar kita paham tentang teknik penulisan slogan atau poster. Dan tentu saja dapat membuat menulis slogan atau poster sendiri.

Slogan

Pengertian slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Isi slogan menggunakan visi, tujuan, dan harapan dari sebuah kegiatan/organisasi/perusahaan.

Pengertian slogan menurut wikipedia (“Slogan“)

Jenis slogan, antara lain terdiri atas pengumuman dan iklan.

  1. Pengumuman ditujukan untuk memberikan informasi mengenai hal tertentu kepada khalayak atau sekelompok masyarakat. Misalnya, memberitahukan mengenai akan diadakan kerja bakti warga kampung. Dalam hal ini slogan yang digunakan adalah kata-kata yang berisi ajakan untuk melakukan kerja bakti demi kepentingan bersama.
  2. Iklan ditujukan untuk menawarkan barang atau jasa tertentu kepada masyarakat luas. Misalnya, menawarkan produk sabun cuci atau televisi. Slogan yang digunakan dalam iklan lazim berupa kata-kata yang bersifat membujuk masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk (barang atau jasa tertentu).
Menulis Slogan

Slogan harus ditulis dengan bahasa yang singkat, tetapi komunikatif agar isinya mudah dipahami. Selain itu, kata-kata yang digunakan dalam slogan juga harus menggugah dan menarik agar dapat membangkitkan pembaca atau pendengar melakukan tindakan yang dikehendaki. Dalam menulis slogan, diperlukan kreatifitas dan pengerahuan yang memadai. Hal ini bertujuan agar slogan mampu menampilkan hal-hal baru yang kreatif serta tidak terjerumus pada isu sensitif yang dapat menimbulkan anarki (misalnya, isu sara, suku, agama, ras, dan antar golongan).

Contoh Slogan

Cara Cara Menulis Slogan atau Poster

Poster

Poster adalah plakat, kain besar atau papan bertulis yang dipasang di tempat umum untuk yang disertai dengan gambar yang mencolok. Poster berisi iklan, informasi, pemberitahuan, atau pengumuman.

Pengertian poster menurut wikipedia (Poster).

Menulis Poster

Kalimat yang digunakan dalam poster sederhana, mudah dipahami, menarik perhatian, mudah diingat dan mencolok.

Contoh Poster

Cara Cara Menulis Slogan atau Poster

Tambahan

Reklame: pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar, dan sebagainya) supaya laku. Reklame dapat juga diartikan iklan.

Materi Cara Menulis Slogan atau Poster bersumber dari:

Modul Siswa Penunjang Pembelajaran, Progresif, Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII (8) Semester 2

Demikianlah “Cara Menulis Slogan atau Poster” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *