Hikmah Iman Kepada Allah SWT

Diposting pada
Hikmah Iman Kepada Allah SWT

Hikmah Iman Kepada Allah SWT – Seorang yang telah beriman kepada Allah SWT, dan benar-benar berma’rifat kepada Allah dengan jalan akal dan hati, maka hal itu akan menjadikan jiwanya kokoh dan kuat serta membuahkan kesan yang baik dan mulia.

Hikmah iman kepada Allah SWT, antara lain sebagai berikut:

Iman Sebagai Dasar Pedoman

Dengan iman kepada Allah SWT hidupnya menjadi tenang karena memiliki pedoman hidup yang terjamin kebenarannya, disamping karena senantiasa ingat kepada Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT:

Artinya: ” (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allah aka hati menjadi tenteram“. (Q.S. Ar Ra’du: 28).

Iman yang benar, akan memberikan kemantapan dalam jiwa seseorang. Hanya Allah SWT sajalah yang Maha Kuasa, untuk memberikan kehidupan, mendatangkan kematian, memberikan ketinggian kedudukan, menurunkan dari pangkal yang tinggi. Hanya Allah sajalah yang dapat memberikan kemudharatan dan kemanfaatan kepada seseorang. Selain Allah tidak ada yang kuasa melakukannya.

Hikmah Iman Kepada Allah SWT

Iman Sebagai Bimbingan Jiwa

Orang yang beriman akan selalu mendapatkan bimbingan dari Allah SWT. Oleh karena itu, apa yang dilakukannya adalah perbuatan-perbuatan baik dan terpuji. Ia akan terhindar dari perbuatan-perbuatan keji dan tercela. Imanya akan menolak desakan-desakan nafsu jahat yang selalu menggoda hatinya.

Iman Sebagai Motivasi

Orang yang beriman kepada Allah akan terdorong hati nuraninya untuk bersikap dermawan dan penuh dengan rasa kesetiaan yang tinggi. Ia menganggap bahwa orang lain itu adalah saudara yang harus dicintai, sebagaimana mencintai dirinya sendiri.

Percaya tentang berbuat baik kepada orang lain adalah perbuatan mulia yang disukai oleh Allah dan bermanfaat kepada manusia. Maka timbul sifat rela memberikan sesuatu kepada saudara-saudaranya walaupun ia sendiri membutuhkannya. Ia melakukan dengan ihklas dan sukarela, tidak ada aturan yang menekan perasaannya. Hal ini sebagai bukti keimanan kepada Allah SWT. Dan ingin memperoleh keridhaan-Nya dan karunia-Nya yang lebih kekal di akherat.

Tambahan Hikmah Iman Kepada Allah SWT

  • Akan selalu meng-Esakan Allah, menomor satukan Allah bisa juga, yang merupakan bagian dari Ilmu Tauhid dalam ajaran Agama Islam.

Materi Hikmah Iman Kepada Allah SWT bersumber dari:

Aqidah Akhlaq, untuk Madrasah Aliyah Kelas 10(X), Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah.

Demikianlah “Hikmah Iman Kepada Allah SWT” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *