Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan

Diposting pada
Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan

Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan – Pada pembahasan kali ini akan disajikan hubungan cahaya dan indra penglihatan. Untuk lebih jelasnya, beriku ini penjelasannya.

Benda Dapat Dilihat Apabila Ada Cahaya

Kita dapat menihat suatu benda, bila benda itu memantulkan cahaya dan cahaya pantul tersebut masuk ke dalam mata. Cahaya masuk ke mata melalui pupil. Lensa mata memfokuskan cahaya sehingga bayangan bisa jatuh tepat pada bintik kuning. Bayangan yang terjadi pada retina adalah nyata, terbalik, dan diperkecil. Bayangan disampaikan ke otak melalui saraf mata sehingga kita bisa melihat.

Alat-alat Optik

Alat-alat optik digunakan untuk mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh mata. Alat-alat optik yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

a. Kacamata

Kacamata berlensa digunakan untuk menolong penderita cacat mata. Kacamata berlensa cekung atau negatif dapat digunakan untuk membantu penderita rabun jauh (miopi).

Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan
sumber: pixabay.com

Kacamata berlensa cembung atau positif untuk penderita rabun dekat (hipermetropi). Bagi orang tua yang sudah tidak mampu melihat jelas benda dengan jarak jauh maupun dekat dapat dibantu dengan kacamata berlensa ganda (cembung dan cekung).

b. Mikroskop

Mikroskop terdiri atas dua lensa cembung. Dengan bantuan mikroskop, benda-benda yang sangat kecil akan kelihatan lebih besar dan jelas.

Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan
sumber: pixabay.com

c. Kamera

Prinsip kerja kamera mirip dengan prinsip kerja mata. Kamera terdiri dari susunan lensa cembung. Di antara lensa terdapat diafragma yang berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya seperti pupil pada mata.

Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan
sumber: pixabay.com

d. Proyektor Film

Proyektor film digunakan untuk memproyeksikan gambar hidup/gambar gerak.

e. Teleskop

Merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat benda yang jauh agar kelihatan lebih dekat.

Baca juga: “Penerapan Cahaya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Materi Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan bersumber dari:

Buku Ajar, Acuan Pengayaan, FOKUS, untuk SD/MI, Kelas V Semester 2, (bagian IPA/SAINS).

Demikianlah pembahasan mengenai “Hubungan Cahaya dan Indra Penglihatan” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaft.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *