Kandungan Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216

Diposting pada
Kandungan Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216

Kandungan Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216 – Ayat 214 dari Surah asy-Syu’ara’ merupakan ayat yang turun kepada Rasulullah SAW, sebagai perintah untuk berdakwah secara terang-terangan kepada keluarga atau kerabat terdekat dengan sikap lemah lembut. Seperti kita ketahui bahwa dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW pada era awal dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Lalu turunlah ayat ini sebagai perintah agar dakwah dilakukan secara terang-terangan. Adapun ayat selanjutnya merupakan perintah agar Rasulullah SAW bersikap rendah hati kepada orang-orang yang telah mengikuti dakwahnya dan memberi peringatan kepda yang mendurhai dakwahnya.

Dalam dakwahnya, para nabi dan rasul terdahulu banyak mengalami hambatan, rintangan, dan tantangan, baik berasal dari dalam keluarga maupun kaumnya. Meskipun demikian, mereka tidak pernah mengeluh dan menyerah akan cobaan tersebut. Mereka tetap tegar dan kuat menghadapi segala risiko dalam dakwah. Sebab dakwah termasuk suatu tugas suci yang wajib dilaksanakan. Di dalam ayat lain Allah menegaskan bahwa Allah akan mendorong orang-orang yang akan menolong agaman-Nya. Allah SWT berfirman:

 Kandungan Al-Qur'an Surah Asy-Syu'ara': 214-216

Artinya: ” Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S. Muhammad: 7).

Pada ayat 215, Allah SWT, memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW, agar berlaku rendah hati, lemah lembut, memedulikan orang lain, dan tidak sombong kepada orang-orang yang mengikuti seruannya. Oleh karena itu, hati mereka lebih tertarik dan menyenangi agama yang baru dianutnya, dapat terjalin hubungan kasih sayang, mencintai dan menolong, serta membela sesama mukmin.

Dalam ayat 216, Allah SWT, memberikan petunjuk kepada Nabi Muhammad SAW, dalam menjalankan dakwahnya, yaitu apabila kerabat karib, keluarga dekat tidak mengindahkan seruanya, katakanlah kepada mereka bahwa engkau tidak bertanggung jawab atas keingkaran dan kedurhakaan mereka dan bahwa Allah mengancam dengan azab-Nya yang sangat keras sebagai balasan terhadap sikap dan perbuatan mereka maka seorang pun mampu melepaskan diri dari azab itu. Hanya orang-orang beriman dan beramal saleh yang dapat terhindar dari azab Allah di akhirat nanti.

Bunyi Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216

Artinya:

214. Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.

215. Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.

216. Jika mereka mendurhakaimu maka katakanlah: “Sesungguhnya aku berlepas diri (tidak bertanggung jawab) terhadap apa yang kalian kerjakan.” (Q.S. Asy-Syu’ara’: 214-216).

Materi Kandungan Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216 bersumber dari:

Fitrah, Al-Qur’an Hadis, untuk MA dan yang sederajat, Kelas XII Semester I

Demikianlah Kandungan Al-Qur’an Surah Asy-Syu’ara’: 214-216 yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *