Kandungan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125

Diposting pada
Kandungan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125

Kandungan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125 – Surah an-Nahl ayat 125 ini menunjukkan suatu perintah kepada Rasulullah Muhammad SAW, untuk menyeru kepada agama Allah. Jika diperhatikan, dalam ayat ini tidak disebutkan objek dakwahnya. Jadi ayat ini memberi pengertian bahwa objek dakwah itu adalah manusia secara umum. Selain itu, ada yang perlu dipahami. Meskipun ayat ini ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW, perintah ini juga berlaku bagi umat Islam sebagaimana kaidah ushul fiqih, berikut, “Perintah Allah kepada Rasulullah juga merupakan perintah untuk umat beliau, selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya.”

Allah SWT juga memberikan petunjuk mengenai metode dakwah yang ditempuh, yaitu hendaklah berdakwah dengan hikmah. Manurut Syaikh Bin Baz, hikmah dalam ayat ini berarti hujjah atau argumentasi yang memuaskan, jelas, mengungkap kebenaran, serta membantah kebatilan. Oleh karena itu, sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa hikmah adalah Al-Qur’an karena sesungguhnya Al-Qur’an merupakan hikmah yang agung. Di dalam Al-Qur’an terdapat keterangan dan penjelasan tentang kebenaran dengan sempurna. Ahli tafsir lain mengatakan bahwa makna hikmah adalah dengan petunjuk dari Al-Qur’an dan sunnah. Dalam berdakwah hendaknya juga menggunakan kata yang bijak, lemah lembut, dan dapat menyentuh hati orang yang didakwahi.

Kandungan Al-Qur'an Surah An-Nahl ayat 125

Tugas dai atau juru dakwah sekedar menyampaikan kebenaran dalam rangka ibadah melaksanakan ketaatan kepada Allah. Adapun urusan hidayah adalah hak prerogatif Allah SWT. Allah SWT berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. (Q.S. Al-Qasas: 56).

Q.S. An Nahl ayat 125

Artinya: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk“. (Q.S. An Nahl ayat 125).

Materi Kandungan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125  bersumber dari:

Fitrah, Al-Qur’an Hadis, untuk MA dan yang sederajat, Kelas XII Semester I

Demikianlah Kandungan Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125  yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *