Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi

Diposting pada
Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi

Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi – Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan berbagai kegiatan yang akhrinya kegiatan tersebut mampu mengubah permukaan bumi. Kegiatan manusia tersebut adalah:

Membuat Lahan Pertanian

Sawah yang dibuat di lereng gunug berarti manusia telah merubah permukaan gunung yang miring menjadi berundak-undak.

Membuat Bendungan

Dengan terbentuknya waduk/bendungan berarti manusia telah merubah permukaan bumi yang semula tanah menjadi daratan yang digenangi air.

Membuat Gedung Bertingkat di Kota-kota

Dengan membuat gedung bertingkat di kota-kota, berarti manusia telah merubah permukaan bumi yang semula terhampar luas, menjadi penuh bangunan yang menjulang tinggi.

Pembakaran Hutan

Dengan membakar hutan, berarti manusia telah merubah permukaan bumi yang semula hijau dan rindang menjadi kering dan gersang.

Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi

Penggundulan Hutan

Dengan melakukan kegiatan penggundulan hutan, berarti manusia telah merubah permukaan bumi yang tadinya banyak pohon-pohon di hutan menjadi hutan yang gundul.

Penambangan

Dengan melakukan kegiatan penambangan, berarti manusia telah merubah permukaan bumi yang tadinya tanah terhampar dengan sempurna, menjadi berlubang karena penggalian tambang.

Pembangunan Pabrik

Dengan melakukan kegiatan membangun pabrik, berarti manusia telah merubah permukaan bumi dari yang tadinya tidak tercemar menjadi tercemar karena banyaknya pabrik yang berdiri di permukaan bumi.

Sampah

Membuang sampah dengan sembarangan merupakan salah satu kegiatan manusia yang mampu merubah permukaan bumi, yang tadinya asri dan sejuk menjadi kotor dan bau. Dan kegiatan ini dapat memicu timbulnya banjir.

Pengeboran Laut

Kegiatan ini memang erat dengan penambangan (minyak dan lain-lain), tetapi di lakukan di laut. Dengan melakukan kegiaan ini, maka manusia telah merubah permukaan bumi, yang semula alami menjadi tercemari sehingga dimungkinkan menyebabkan pergeseran lempengan bawah laut yang kemungkinan bisa terjadi gempa bumi dan berdampak kepada bencana alam Tsunami.

Pembuatan Jalan Lalu Lintas Darat

Kita tahu bahwa kegiatan pembuatan jalan lalu lintas darat  merupakan salah satu kegiatan manusia yang merubah permukaan bumi. Dari yang berupa hamparan hutan, semak belukar, dan juga bebatuan, menjadi jalan lalu lintas darat yang kita lihat sekarang ini di berbagai belahan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Materi Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi bersumber dari:

Buku Ajar Acuan Pengayaan, FOKUS, untuk SD/MI, Kelas V Semester 2 (Bagian IPA/SAIN), dan beberapa artikel di Google

Demikianlah “Kegiatan Manusia yang Mampu Mengubah Permukaan Bumi” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *