Makalah Komisi Komisi Negara

Diposting pada
Makalah Komisi Komisi Negara

Berikut akan disajikan Makalah Komisi Komisi Negara yang merupakan tugas makalah Hukum Tata Negara. Berikut Penjelasannya.

makalah komisi komisi negara

Pendahuluan

Pada bagian ini akan dijelaskan pembuka sebelum latar belakang tentang makalah komisi komisi negara.

Latar Bekalang

Pada bagian latar belakang akan dijelaskan latar belakang munculnya komisi komisi negara yang ada di Indonesia.

berikut merupakan salah satu kutipan penting dalam latar belakang:

Menurut Denny Indrayana, komisi negara hanya lahir sebagai kebijakan yang reaktif-responsif, namun pada akhirnya tidak preventif-solutif terhadap masalah kebangsaan.

Pembahasan

Latar belakang sebenarnya juga masuk tahap pembahasan, akan tetapi hanya merupakan pengantar dari serangkaian pembahasan yang akan dibahas dalam makalah komisi komisi negara.

Diantaranya pembahasan yang akan disajikan dalam makalah ini adalah:

  • Komisi komisi negara yang diatur oleh Undang-Undang, diantaranya adalah: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Komisi Pemeriksaan Kekayaan Penyelenggara Negara, Komisi Penyiaran Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, Komisi Pemilihan Umum, Komisi Yudisial,
    Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, dan
  • Komisi komisi negara yang diatur oleh Perpres/Kepres, diantaranya adalah: Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Komisi Hukum Nasional (KHN), Komisi Ombudsman Nasional (KON), Komisi Kejaksaan, Komisi Kepolisian,
  • Serta hubungan lembaga negara dengan komisi negara.
Kesimpulan

Lahirnya lembaga-lembaga negara independen atau komisi-komisi negara yang sebagian besar berfungsi sebagai pengawas kinerja lembaga negara yang ada merupakan bagian dari krisis kepercayaan terhadap lembaga-lembaga pengawas yang sudah ada tersebut.

Adapun komisi- Komisi Negara Yang diatur oleh Undang- Undang antara lain adalah KPPU, Komnas HAM, KPU, KPK, KPI, KY dll. Sedangkan komisi-komisi negara yang diatur oleh Kepres adalah KHN, KON, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, Komisi Kejaksaan, Komisi Kepolisian dll. Hubungan antara lembaga negara dan komisi-komisi negara adalah komisi negara sebagai pengawas dari lembaga-lembaga negara yang sudah ada.

Untuk mengunduhnya silahkan ikuti link di bawah ini:

UNDUH MAKALAH

Demikianlah penjelasan mengenai makalah komisi komisi negara yang dapat serba-makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *