Pengaruh Positif dan Negatif dari Globalisasi

Diposting pada

Pengaruh Positif dan Negatif dari Globalisasi

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengaruh positif dan negatif dari globalisasi, berikut penjelasan lengkapnya.

Pengaruh Positif Globalisasi

Apabila kita amati dengan saksama, globalisasi memunculkan celah celah angin segar bagi sekelompok manusia seperti konsumen serta pengembangan hak-hak asasi manusia dalam berbagai hal. Adapun pengeruh-pengaruh positif dari globalisasi itu antara lain:(Priyono T, SOSIOLOGI untuk SMA/MA Kelas XII, (Jawa Timur: Masmedia, 2013), hlm. 35

  1. Adanya alternatif yang sangat bervariasi mengenai penyediaan barang-barang konsumsi.
  2. Adanya kecenderungan bagi konsumen untuk mendapatkan harga barang-barang secara murah.
  3. Lancarnya proses penanaman modal dari negara donor pada negara-negara penerima modal.
  4. Lancarnya komunikasi antar individu maupun antar kelompok dalam wilayah sedunia.
  5. Lancarnya proses transaksi ekonomi antarnegara maupun antar benua.

Melanjutkan tema pembahasan kita adalah mengenai pengaruh positif dan negatif dari globalisasi, maka kurang lengkap kalo hanya dibahas pengaruh positifnya saja.

Pengaruh Negatif Globalisasi

Setelah diuraikan oleh penulis buku di atas tentang pengaruh positif dari globalisasi, maka kali ini akan dibahas mengenai pengaruh negatif dari globalisasi.

Globalisasi dilihat dari dunia industri memang merupakan suatu ajang pertandingan di antara banyak peserta yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Pertandingan ini terntu akan dimenagkan oleh mereka-mereka yang berkemampuan tinggi, yaitu industri-industri yang berada di negara maju yang telah lama memiliki kinerja dan sistem efisiensi yang tinggi. Sementara industri-industri yang manual dan industri-industri dengan sistem mekanis yang belum memiliki efisiensi yang tinggi akan gulung tikar. Adapun contoh-contoh konkret dari pengaruh globalisasi, antara lain:(Priyono T, SOSIOLOGI untuk SMA/MA Kelas XII, (Jawa Timur: Masmedia, 2013), hlm. 38

  1. Adanya tekanan-tekanan ekonomis dari negara-negara yang kuat terhadap negara-negara yang lemah.
  2. Menjalarnya orang-orang asing dari negara-negara maju menuju negara-negara berkembang dan negaraterbelakang.
  3. Adanya persaingan yang bebas dalam ketenagakerjaan sehingga lebih menguntungkan orang-orang yang berkualitas.
  4. Adanya persaingan yang bebas terhadap berbagai macam produk barang dan jasa. Keadaan ini sangat menghancurkan industri-industi kecil dan menengah yang belum memiliki standarisasi hasil produksi serta mekanisasi dalam proses pembuatan barang.

Demikianlah pembahasan mengenai pengaruh positif dan negatif dari globalisasi, mohon maaf, sekian dan terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *