Pengertian Demokrasi Lengkap

Diposting pada

Pengertian Demokrasi– Apakah yang kamu ketahui tentang pengertian demokrasi (…), jika dipahami secara benar, demokrasi itu lebih dari sekedar kata, demokrasi adalah suatu sistem yang menarik.Dalam demokrasi semua sistem harus bekerja dengan baik, dan mempunyai hubungan kinerja satu sama lainnya. Misalnya masyarakat sipil dalam suatu negara demokrasi membutuhkan dukungan dari pemerintah berdasarkan hukum yang menjamin hak rakyat untuk berserikat, dan membutuhkan dukungan dari aparat negara yang menerapkan sanksi-sanksi secara efektif terhadap mereka yang secara ilegal berusaha untuk menolak hak-hak dari sesama warga negara lain.

pengertian demokrasi
pixabay.com

Apa dan bagaimana sebenarnya makna dari hakikat demokrasi itu…(tanda tanya).

  • secara etimologi (bahasa Yunani), demokrasi berasal dari kata demos dan kratos. Demos berarti rakyat. Kratos berarti pemerintahan/kekuasaan. Demokrasi berarti kekuasaan atau pemerintahan rakyat.
  • Arti populer: demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Perkembangan konsep demokrasi dipahami sebagai bentuk pemerintahan, sebagai sistem politik dan sebagai sikap atau pandangan hidup.
  • Konsep demokrasi lahir dari Yunani Kuno yang dipraktikan dalam hidup bernegara antara abad ke 4 SM- abad ke 6 M sebagai suatu bentuk pemerintahan.

Banyak sekali definisi demokrasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli politik yang masing-masing memberikan definisi dari sudut pandang yang berbeda. Berikut ini definisi tentang demokrasi yang dikemukakan oleh para ahli:

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Abraham Lincoln

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadi demokrasi di katakan demokrasi, apabila kekuasaan ada di tangan rakyat dan segala tindakan negara ditentukan oleh kehendak rakyat.

P.J. Suwarno

Demokrasi adalah pemerintahan rakyat, yaitu suatu pemerintahan di mana rakyat memegang peranan yang menentukan, rakyat berfungsi sebagai subjek yang berperan.

Juniarto, S.H

Demokrasi sebagai sistem pemerintahan rakyat yaitu suatu sistem pemerintahan di mana yang menyelenggarakan pemerintahan ialah rakyat atau setidak-tidaknya rakyat diikutsertakan untuk membicarakan masalah-masalah pemerintah.

C.F. Strong

Mendefinisikan demokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan dalam mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggung jawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu.

Wikipedia

Dalam wikipedia.org dijelaskan secara umum pengertian demokrasi yaitu bentuk pemerintahan dimana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Dijelaskan juga di dalamnya banyak pengertian demokrasi menurut para ahli seperti Charles Costello, John L. Esposito, Hans Kelsen, Sidney Hook, Hannry B. Mayo, Marriem, dan Samuel Huntington.

Jadi hakikat demokrasi sebagai suatu sistem bermasyarakat dan bernegara serta pemerintahan memberi penekanan pada keberadaan kekuasaan di tangan rakyat baik dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun negara. Kekuasaan pemerintahan berada di tangan rakyat ini mengandung pengertian tiga hal yaitu:

  • Pemerintahan dari rakyat
  • Pemerintahan oleh rakyat
  • Pemerintahan untuk rakyat

Baca juga:

Sumber materi:

Buku Ajar Acuan Pengayaan, Pendidikan Kewarganegaraan, Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2, Penerbit Fokus, hlm. 3

Demikianlah penjelasan mengenai “pengertian demokrasi“. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *