Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan

Diposting pada
Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan

Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan – Rincian pembahasan: Pengertian peradilan, fungsi peradilan, dan hikmah peradilan.

Pengertian Peradilan

Istilah peradilan diambil dari kata qadha (Bahasa Arab) yang terjemahannya adalah memutuskan, memberi keputusan, menyelesaikan. Peradilan menurut istilah adalah suatu lembaga pemerintahan/negara yang ditugaskan untuk menyelesaikan/menetapkan keputusan atas setiap perkara dengan adil berdasarkan hukum yang berlaku. Sedangkan pengertian pengadilan adalah tempat untuk mengadili suatu perkara dan orang yang bertugas mengadili suatu perkara disebut qodhi atau hakim.

Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan

Fungsi Peradilan

Sebagai lembaga negara yang ditugasi untuk menyelesaikan dan memutuskan setiap perkara dengan adil, maka peradilan berfungsi untuk menciptakan ketertiban dan ketentraman masyarakat yang dibina melalui tegaknya hukum. Peradilan Islam bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan umat dengan tegaknya hukum Islam.

Peradilan agama menurut Wikipedia adalah salah satu badan peradilan pelaku kekuasaan kehakiman untuk menyelenggarakan penegakan hukum dan keadilan bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syariah.

Karena itu peradilan Islam mempunyai tugas pokok:

  • Mendamaikan kedua belah pihak yang bersengketa.
  • Menetapkan sangsi dan menerapkannya kepada para pelaku perbuatan yang melanggar hukum.
  • Terciptanya amar ma’ruf nahi munkar.
  • Dapat melindungi jiwa, harta dan kehormatan masyarakat.
  • Menciptakan kemaslahatan umat dengan tetap tegak berdirinya hukum Islam.
Hikmah Peradilan

Sesuai dengan fungsi dan tujuan peradilan sebagaimana dijelaskan diatas, maka dengan peradilan akan diperoleh hikmah yang sangat besar bagi kehidupan umat, yaitu:

  • Peradilan dapat mewujudkan masyarakat yang bersih. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW:

Artinya: “Dari Jabir berkata, Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak (dinilai) bersih suatu masyarakat dimana hak orang yang lemah diambil oleh yang kuat.” (H.R. Ibnu Hibban).

  • Terciptanya aparatur pemerintah yang bersih dan berwibawa.
  • Terciptanya keadilan bagi seluruh rakyat. Allah berfirman:

Artinya: “… Dan Allah (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil.” (Q.S. An: Nisa: 58).

  • Terciptanya keamanan, ketentraman, kedamaian.
  • Dapat mewujudkan suasana yang mendorong untuk meningkatkan ketaqwaan kapada Allah SWT bagi semua pihak. Allah berfirman:

“Berlaku adillah, Karena adil itu lebih dekat kepada takwa…”. (Q.S. Al Maidah: 8).

MateriĀ Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan bersumber dari:

MGMP Jateng dan DIY, FIQIH, untuk Madrasah Aliyah, Kelas XII Semester 1

Demikianlah “Pengertian, Fungsi dan Hikmah Peradilan” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *