Pengertian Pelapukan, Perkaratan, dan Pembusukan

Diposting pada

serba-makalah pada kesempatan kali ini akan menyajikan:

Pengertian Pelapukan, Perkaratan, dan Pembusukan

Di bawah ini akan dijelaskan pengertian pelapukan, perkaratan, dan pembusukan, berikut penjelasannya:

a. Pelapukan

Pengertian pelapukan adalah proses yang berhubungan dengan penghancuran bahan, baik berasal dari makhluk hidup maupun makhluk tak hidup. Waktu yang diperlukan untuk proses pelapukan sangat lama.

Pelapukan dibedakan menjadi pelapukan biologis dan pelapukan mekanis.

  • Pelapukan biologis, disebabkan oleh aktifitas organisme, yaitu jamur dan jasad renik lainnya. Contohnya kayu yang pada awalnya keras, lama lama akan menjadi hancur dimakan rayap.
  • Pelapukan mekanis, disebabkan oleh suhu, tekanan, angin, dan air. Contohnya adalah pelapukan batu karena air, perubahan suhu, dan tekanan.

b. Perkaratan

Pengertian perkaratan adalah proses pembentukan lapisan merah (kekuning kuningan) yang melekat pada lapisan logam besi sebagai akibat proses kimia. Perkaratan terjadi karena logam bereaksi dengan air dan gas oksigen. Perkaratan dapat dicegah dengan mengecat logam.

c. Pembusukan

Pengertian pembusukan adalah proses perubahan benda yang berasal dari makhluk hidup akibat bakteri atau jamur sehingga rusak dan berbau. Contoh pembusukan adalah pada buah dan makanan. Ciri ciri makanan yang sudah busuk biasanya mengalami perubahan warna, bau, dan rasa. Pembusukan dapat dicegah dengan cara:

  • menyimpan makanan pada kulkas
  • mengeringkan makanan
  • pemberian bahan pengawet seperti gula dan garam.

Demikianlah Pengertian Pelapukan, Perkaratan, dan Pembusukan. Sekian dan Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *