Pengertian Pola Interaksi – dalam Ilmu Sosial

Diposting pada
Pengertian Pola Interaksi

Pengertian Pola Interaksi– Di dalam diri manusia terdapat dua kepentingan, yaitu kepentingan individu dan kepentingan bersama. Kepentingan individu didasarkan manusia sebagai makhluk individu, karena pribadi manusia yang ingin memenuhi kebutuhan pribadi. Kepentingan bersama didasarkan manusia sebagai makhluk sosial (kelompok) yang ingin memenuhi kebutuhan bersama. Dalam perjalannya, kepentingan kepentingan tersebut terkadang saling berhadapan dan kadang pula saling berkait. Terkadang muncul suatu penolakan dan penerimaan yang pada akhirnya bermuara pada etika, yaitu suatu ajaran tentang norma dan tingkah laku yang berlaku dalam suatu kehidupan manusia. Artinya, titik kompromi antara kepentingan individu dan bersama ditimbang menurut kadar etis tidaknya kedua kepentingan tersebut.

interaksi
sumber: pixabay.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola dapat diartikan “gambar, corak, model, sistem, struktur”. Sedangkan interaksi adalah “hal saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi; antar hubungan baik secara sosial (hubungan sosial yang dinamis antara orang perse-orangan dan orang perseorangan, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok), maupun verbal (hubungan antara orang yang satu dan yang lain dengan menggunakan bahasa)”.

Interaksi adalah proses di mana orang orang berkomunikasi saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan. Seperti kita ketahui, bahwa manusia dalam kehidupan sehari hari tidaklah lepas dari hubungan satu dengan yang lain. Sedangkan pengertian pola menurut KBBI yang cocok dalam penulisan skripsi ini adalah model.

pengertian pola interaksi
sumber: pixabay.com

Sedangkan menurut pendapat salah seorang di brainly.com menyebutkan pengertian pola interaksi adalah suatu cara, model, dan bentuk-bentuk interaksi yang saling memberi pengaruh dan mempengaruhi dan adanya timbal balik guna mencapai suatu tujuan.

Jadi dapat serba makalah simpulkan bahwa pengertian pola interaksi adalah model proses berkomunikasi dengan cara saling mempengaruhi antara satu sama lain antara (individu dengan individu, individu dengan kelompok, ataupun kelompok dengan kelompok) baik dalam pikiran dan tindakan (dalam kaitannya dengan sosial). Tindakan yang dimaksud disini bisa berupa tindakan hukum untuk berbuat sesuatu ataupun tidak berbuat sesuatu (dalam kaitannya dengan hukum). Bila kaitannya dengan ilmu alam maka tindakan yang dimaksud adalah dampak atau akibat bila satu sama lain bersinggungan.

Untuk melihat pengertian pola interaksi lainnya silahkan cari di google, misalnya “ini“.

Demikianlah pengertian pola interaksi, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak.

Sumber:

Rusmin Tumanggor, dkk., Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2010), hlm. 53
http://kbbi4.portalbahasa.com/entri/pola, diakses pada Sabtu 17 September 2016, pukul 01.48 WIB
http://kbbi.web.id/interaksi, diakses pada Sabtu 17 September 2016, pukul 01.50 WIB
Elly M. Setiadi, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Kencana, 2007), hlm. 90

Salam dari: kangtoha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *