Rangkuman Pesawat Sederhana

Diposting pada
Rangkuman Pesawat Sederhana

Rangkuman Pesawat Sederhana – Pembahasan pesawat sederhana akan dimulai dari pengertian pesawat sederhana dan jenis-jenis pesawat sederhana.

Pengertian Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah peralatan yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan. Pesawat sederhana sangat bermanfaat untuk melipatgandakan kemampuan kita, mengubah arah benda, dan mempercepat kecepatan.

Pesawat yang terbentuk dari beberapa pesawat sederhana disebut pesawat rumit. Contohnya: mesin jahit, mesin pabrik, dan katrol-katrol di pelabuhan.

Jenis-jenis Pesawat Sederhana
Pengungkit/Tuas

Pengungkit sering disebut dengan tuas. Pengungkit/tuas berupa batang besi atau batang kayu atau benda lain yang dapat digunakan untuk mengungkit. Bagian pengungkit meliputi:

pesawat sederhana
sumber: pixabay.com
  • Titik beban adalah berat benda yang diusahakan untuk dikalahkan.
  • Titik tumpul/fulkrum adalah tempat yang digunakan untuk bertumpunya batang tuas, dan letaknya dapat berubah.
  • Titik kuasa adalah tempat yang digunakan untuk tempat kuasa yang dilakukan.

Jensi pengungkit dibedakan berdasarkan urutan letak titik beban, titik tumpu (fulkrum), dan titik kuasa.

  • Pengungkit jenis pertama, cirinya adalah titik tumpu berada di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh: gunting, kakatua, pembuka tutup botol, linggis, jungkat jungkit.
  • Pengungkit jenis kedua, cirinya adalah titik beban berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Contoh: alat pemecah kemiri, kereta beroda satu, kereta beroda dua pengangkut dengan pasar.
  • Pengungkit jenis ketiga, cirinya adalah titik kuasanya berada di antara titik tumpu dan titik beban. Contoh: alat pemindah pasir (sekop).
Bidang Miring

Bidang miring adalah suatu bidang datar yang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung yang lain. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip miring antara lain: pisau, kapak, pahat, paku, dan lain-lain.

pesawat sederhana
sumber: wikipedia.org

Keuntungan menggunakan peralatan dengan prinsip kerja bidang miring adalah gaya yang diperlukan semakin kecil, menghasilkan kerja yang banyak, mempermudah pekerjaan. Sedangkan kerugiannya adalah jarak tempuh semakin panjang dan memerlukan waktu perjalanan lama.

Katrol

Katrol adalah suatu roda yang tepinya beralur dan dapat berputar pada porosnya. Katrol berguna untuk mengubah arah gaya, menarik, dan mengangkat benda. Katrol memiliki prinsip seperti pengungkit, memiliki titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa.

pesawat sederhana
sumber: wikipedia.org

Berdasarkan jenisnya katrol terdiri dari:

  • Katrol tetap, adalah katrol yang posisinya tetap dan tidak berpindah tempat. Kuasan yang dibutuhkan sama dengan berat benda yang dipindahkan. Penerapan katrol ini, misalnya; sumbu timba, kerekan tiang bendera, dan kerekan burung.
  • Katrol bebas, adalah katrol yang letaknya tidak tetap, selalu berpindah. Katrol ini posisinya berada di atas tali dengan beban yang dikaitkan pada katrol. Kuasa yang diperlukan dalam katrol lebih kecil bila dibandingkan dengan katrol tetap. Katrol bebas bisa bergerak vertikal dan menyamping. Katrol ini sering digunakan dalam memindahkan berat benda dari seberang sungai atau dari seberang bukit.
  • Katrol ganda atau katrol majemuk, katrol ganda merupakan gabungan antara katrol tetap dan katrol bebas yang bekerja sama. Katrol ganda disebut juga takal. Penerapan katrol ganda contohnya derek.
  • Blok katrol, blok katrol terdiri dari dua katrol yang disusun secara berdampingan pada satu poros. Blok katrol digunakan untuk mengangkat atau menarik benda yang sangat berat. Contoh penggunaan blok katrol adalah katrol pada mobil derek, katrol-katrol di pelabuhan, dan lain-lain.
pesawat sederhana
sumber: wikipedia.org
Roda Berporos

Roda berporos adalah pesawat sederhana yang terdiri dari dua bagian yaitu roda dan poros.

Pesawat jenis ini sering digunakan dalam pembuatan selot pintu dan alat pemindah tanah galian sumur. Selain itu juga dimanfaatkan untuk roda kendaraan dan komponen mesin modern, misalnya: mesin dinamo, mesin pemutar, dan sebagainya.

Materi Rangkuman Pesawat Sederhana bersumper dari:

Buku Ajar Acuan Pengayaan, FOKUS, untuk SD/MI, Kelas V Semester 2 (bagian ilmu pengetahuan alam/ipa/sains).

Demikianlah Rangkuman Pesawat Sederhana yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *