Ruang Lingkup Aqidah Islam

Diposting pada
 Ruang Lingkup Aqidah Islam

Ruang Lingkup Aqidah Islam – Menurut Hasan al-Banna ruang lingkup aqidah Islam meliputi Ilahiyat, Nubuwat, Ruhaniyat, dan Sam’iyyat:

Ilahiyah

Ilahiyah adalah pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Ilah (Tuhan, Allah SWT) seperti wujud Allah SWT, nama dan sifat-sifat Allah SWT, perbuatan Allah SWT, dan sebagainya.

Allah SWT, berfirman dalam Q.S. Al-Ankabut: 44 berbunyi:

Artinya: ” Allah menciptakan langit dan bumi dengan hak. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mu’min.” (Q.S. Al-Ankabut:44).

Ruang Lingkup Aqidah Islam

Nubuwat

Nubuwat adalah pembahasan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nabi dan Rasul. Termasuk pembicaraan mengenai kitab-kitab Allah SWT, mu’jizat, dan sebagainya.

Allah berfirman:

Artinya: ” Dan (sebagian) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu’jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah sebagai bentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejenak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebesaran kerasulan) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.” (Q.S. Ali Imarn: 49).

Ruhaniyat

Ruhaniyat adalah pembahasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan alam metafisik seperti malaikat, jin, iblis, setan, roh, dan sebagainya.

Sam’iyyat

Sam’iyyat adalah pembahasan tentang segala sesuatu yang hanya dapat diketahui lewat sam’i, yakni dalil naqli berupa Al-Qur’an dan As-Sunnah, seperti alam barzah, akhirat, azab kubur, tanda-tanda kiamat, surga, neraka dan sebagainya.

Ayat yang menunjukkan tentang sam’iyyat di antaranya:

Artinya: “Pada hari itu manusia keluar dari kuburanya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka.” (Q.S. Az-Zalzalah: 6).

Dalam hal ini pembahasan aqidah dapat juga mengikuti sistematika rukun iman, yaitu:

  1. Iman kepada Allah SWT;
  2. Iman kepada malaikat Allah;
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah;
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul Allah;
  5. Iman kepada hari akhir;
  6. Iman kepada qadha dan qadar.

Materi Ruang Lingkup Aqidah Islam bersumber dari:

Aqidah Akhlaq, untuk Madrasah Aliyah Kelas 10(X), Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah

Untuk mengetahui pembahasan ruang lingkup aqidah Islam yang lainnya silahkan cari di Google

Demikianlah “Ruang Lingkup Aqidah Islam” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *