Sifat Benda dan Kegunaannya

Diposting pada

serba-makalah pada kesempatan kali ini akan menyajikan:

Sifat Benda dan Kegunaannya

Ada beberapa bahan yang digunakan untuk membuat benda. Bahan bahan tersebut antara lain karet, logam, kayu, plastik, dan kaca. Setiap bahan memiliki sifat tertentu yang membedakan dengan bahan lainnya. Untuk membuat suatu benda, kita harus memilih bahan yang tepat. Bahan yang tepat adalah yang sesuai dengan tujuan pemanfaatan benda. Berikut akan dijelaskan sifat benda dan kegunaannya:

  1. Karet

    Karet bersifat kuat, kedap air, dan elastis. Karet dapat dilipat dan juga diregangkan, karet juga dapat kembali ke bentuk semula setelah diregangkan. Karet biasa digunakan untuk membuat ban, balon, bola, dan pakaian anti air.

  2. Logam

    Logam bersifat padat, mengkilap, dapat ditempa. memiliki titik leleh tinggi, sebagai penghantar listrik dan panas, serta dapat membentuk paduan logam. Contoh dari logam adalah besi, baja, aluminium, emas, perak, dan tembaga. Benda benda yang menggunakan bahan logam antara lain: sertika, kabel, rangka mobil, pisau, pagar rumah, dan perhiasan.

  3. Kayu

    Kayu bersifat padat, berikut sifat yang spesifik dari kayu: kayu bersifat menyerap atau melepaskan air, sehingga dimanfaatkan untuk membuat kertas tisu. Kayu bersifat tidak menghantarkan panas, sehingga dapat digunakan untuk membuat gagang alat memasak. Kayu bersifat keras, kuat, dan mudah dibentuk, sehingga dimanfaatkan dalam pembuatan bahan bangunan dan mebel.

  4. Plastik

    Plastik bersifat kuat, ringan, dan tidak tembus air. Plastik juga transparan, tidak berkarat, dapat diberi warna, dan menjadi lunak jika dipanaskan. Plastik juga banyak digunakan untuk membuat jas hujan, bahan pengemasan makanan, sendok, piring, gelas, dan mainan anak.

  5. Kaca

    Kaca adalah benda keras dan biasanya bening. Kaca banyak dimanfaatkan untuk membuat cermin, kaca rumah, dan kaca mobil. Kaca mudah pecah, sehingga penggunaan benda benda yang terbuat dari kaca harus ekstra hati hati.

Demikianlah penjelasan sifat bendan dan kegunaannya, sekian dan terima kakasih banyak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *