Sumber sumber Hukum Formal

Diposting pada
Sumber sumber Hukum Formal

Sumber sumber Hukum Formal – Sumber hukum formal merupakan tempat atau sumber  dari mana suatu peraturan memperoleh kekuatan hukum. Hal ini berkaitan dengan bentuk atau cara yang menyebabkan peraturan hukum itu formal berlaku. Sumber hukum formal ialah undang-undang, doktrin, perjanjian antarnegara, yurisprudensi, dan kebiasaan.

Undang-undang

Pengertian undang-undang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu undang-undang dalam arti material dan undang-undang dalam arti formal.

a). Undang-undang dalam arti material ialah setiap peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang dilihat dari isinya disebut undang-undang dan mengikat setiap warga negara secara umum.

b). Undang-undang dalam arti formal ialah setiap keputusan penguasa yang dilihat dari bentuknya dan cara terjadinya dapat disebut undang-undang. Jadi, undang-undang dalam arti formal merupakan ketetapan penguasa yang memperoleh sebutan undang-undang karena cara pembentukannya.

Sumber sumber Hukum Formal
sumber: pixabay.com
Doktrin

Doktrin adalah pendapat para ahli hukum terkemuka yang dijadikan dasar atau asas-asas penting dalam hukum dan penerapannya. Doktrin sebagai sumber hukum formal banyak digunakan oleh para hakim dalam menggunakan perkara melalui yurisprudensi bahkan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hubungan internasional.

Perjanjian antar negara/ Traktak

Traktat adalah perjanjian dalam hubungan internasional antara satu negara dengan negara lainnya. Jika dilihat dari segi pesertannya, traktat dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

a). Traktat bilateral, yaitu traktat atau perjanjian yang dibuat oleh dua negara.

b). Traktat multilateral, yaitu traktat atau perjanjian yang dibuat oleh lebih dari dua negara atau banyak negara.

Adapun dilihat dari segi fungsinya, traktat dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

a). Law making treaties, yaitu traktat yang membentuk hukum, mengandung kaidah-kaidah hukum yang bersifat universal masyarakat dunia, serta memberi bersifat terbuka.

b). Treaty contract, yaitu traktat yang bersifat kontrak hanya mengikat pada negara-negara yang mengadakan perjanjian saja.

Yurisprudensi

Yurisprudensi ialah keputusan hakim terdahulu terhadap suatu perkara yang tidak diatur oleh undang-undang dan dijadikan pedoman oleh hakim lainnya dalam memutuskan perkara yang serupa. Yurisprudensi dalam arti putusan pengadilan dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut.

a). Yurisprudensi biasa, yaitu seluruh putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan pasti, terdiri atas putusan perdamaian, putusan pengadilan negeri yang tidak dibanding, putusan pengadilan tinggi yang tidak di kasasi, dan putusan MA.

b). Yurisprudensi tetap, yaitu putusan hakim yang selalu diikuti oleh hakim lain dalam perkara sejenis.

Kebiasaan Hukum Tidak Tertulis

Kebiasaan ialah sumber hukum tertua, sumber dari mana dikenal atau dapat digali sebagian dari hukum di luar undang-undang. Kebiasaan merupakan tindakan menurut pola tingkah laku yang tetap, ajeng, lazim, normal dalam masyarakat atau pergaulan hidup tertentu yan diulang-ulang terhadap hal yang sama dan kemudian diterima serta diakui oleh masyarakat. Di dalam masyarakat, keberadaan hukum tidak tertulis (kebiasaan) diakui sebagai salah satu norma hukum yang dipatuhi. Dalam praktik penyelenggaraan negara, hukum tidak tertulis disebut konvensi.

Agar kebiasaan itu mempunyai kekuatan dan dapat dijadikan sebagai sumber hukum, maka harus memenuhi dua faktor berikut.

a). Adanya perbuatan yang dilakukan berulang kali dalam hal yang sama dan selalu diikuti serta diterima oleh yang lainnya atau disebut sebagai unsur kenyataan.

b). Adanya keyakinan hukum dari orang-orang atau golongan-golongan yang berkepentingan. Artinya, kebiasaan itu memuat hal yang baik dan ditaati, serta mempunyai kekuatan mengikat atau disebut unsur psikologis.

Materi Sumber sumber Hukum Formal bersumber dari:

Modul Kewarganegaraan untuk SMA/SMK/MA/MAK Kelas 1B

Demikianlah pembahasan mengenai Sumber sumber Hukum Formal yang dapat serba-makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf dan terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *