Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan beserta Artinya Lengkap

Diposting pada
Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan beserta Artinya Lengkap

Doa niat puasa Ramadhan– Puasa ramadhan ialah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap umat islam. Hukum dari pada melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan ini ialah fardhu ‘ain, artinya wajib dikerjakan oleh setiap individu muslim yang sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah puasa, dan apabila ditinggalkan maka akan mendapatkan siksa di akhirat kelak. Kecuali untuk beberapa orang yang memang berhalangan melaksanakan ibadah yang satu ini maka boleh untuk tidak berpuasa namun wajib menggantinya atau mengqada’ di lain waktu ataupun hanya sekedar membayar fidhiyah. Dan semua ketentuan tersebut telah diatur dalam ilmu fiqih atau ilmu syariat. Adapun yang bebas dari tanggungan berpuasa ialah mereka para wanita yang haid, wanita yang nifas, orang yang sakit, orang yang sedang bepergian atau musafir, dan lain sebagainya. Masing – masing memiliki aturannya sendiri bagaimana seharusnya mengganti puasanya tersebut.

doa niat puasa ramadhan

Puasa selain hukumnya wajib juga ada puasa yang hukumnya sunnah. Puasa wajib seperti yang disebutkan di atas tadi merupakan puasa yang dilaksanakan di bulan suci Ramadhan. Sedangkan puasa sunnah ialah puasa yang tidak wajib, namun juga dianjurkan supaya dilaksanakan. Bagi yang melaksanakannya maka akan ada pahala yang luar biasa. Namun bagi yang tidak melaksanakan pun juga tidak apa – apa dan tidak pula mendapatkan siksa. Adapun macam – macam puasa sunnah ialah puasa hari Senin dan Kamis, puasa Arafah, puasa di bulan Rajab, puasa di bulan Asyura, puasa Nabi Dawud a.s, dan sebagainya. Dalam melakukan puasa, kita sebagai umat islam juga wajib mematuhi rukunnya dan melaksanakannya. Adapun rukun dari puasa yang juga termasuk rukun dari segala ibadah yaitu niat. Niat merupakan kesengajaan dari hati untuk melakukan sesuatu. Tanpa doa niat puasa maka puasa kita dalam sehari penuh maka akan sia – sia saja. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk benar – benar memastikan apakah dirinya sudah niat betul atau belum.
Berikut merupakan bacaan doa niat puasa ramadhan yang biasa dibaca oleh umat muslim ketika hendak berpuasa:

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

Artinya: Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’alaSeperti

yang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwasanya semua amal itu tergantung pada niatnya. Jadi, jangan sampai kita lupa untuk membaca doa niat puasa ramadhan tersebut. Maka dari itu, untuk mengantisipasinya biasa ketika usai melaksanakan shalat tarawih berjamaah, imam sholat biasanya mengajak para jamaahnya untuk bersama – sama mengucapkan doa niat puasa ramadhan supaya tidak ada satu pun jamaahnya yang sampai kelupaan tidak mengucapkan niat puasa tersebut.

Selain membaca doa niat puasa ramadhan, supaya puasa kita juga diterima oleh Allah SWT maka kita pun juga wajib menjauhi segala hal yang bisa membatalkan puasa. Tak lupa pula untuk mengerjakan amaliyah di bulan Ramadhan lainnya.

Demikianlah doa niat puasa Ramadhan yang dapat serba makalah sajikan. Wallahu a’lam bisshawab. Referensi lainnya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *