Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lima Waktu

Diposting pada
Bacaan Singkat Doa Setelah Sholat Fardhu Lima Waktu

Doa setelah sholat – Sholat sebagai rukun islam yang kedua merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Sholat fardhu lima waktu, selain merupakan ibadah wajib juga merupakan sebuah doa dalam bentuk gerakan atau amalan fi’liyah. Dalam sholat, terdapat banyak kalimat tayyibah yang disebutkan untuk memuji Allah SWT serta memanjatkan doa – doa baik untuk diri sendiri maupun untuk Rasulullah SAW yang termaktub dalam tasyahud. Meski termasuk dalam doa, namun melaksanakan sholat saja sepertinya belum cukup untuk mengajukan segala permohonan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita dituntut untuk meminta kepada Allah SWT atas segala hajat atau keinginan yang kita harapkan terwujud. Seperti yang telah termaktub dalam al Qur’an surah al Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ‌ۖ أُجِيبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ‌ۖ فَلۡيَسۡتَجِيبُواْ لِى وَلۡيُؤۡمِنُواْ بِى لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila bamba-bamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah : 186).

Sebelum melafalkan doa setelah sholat, biasannya ada zikir-zikir yang diajarkan oleh Rasulullah melalui Al-Hadist yang banyak diriwayatkan oleh para Imam-imam perawi Hadist. Berikut sebagian contohnya. “ini

doa setelah sholat

Dalam ayat tersebut jelas dapat kita ketahui bahwasanya Allah SWT telah berjanji akan mengabulkan doa hambaNya yang memohon kepadaNya melalui doa. Namun demikian, kita tidak cukup hanya serta merta berdoa saja tanpa melakukan kewajiban kita sebagai umat muslim. Syarat diterima dan dikabulkannya doa kita adalah apabila kita bersedia juga untuk memenuhi segala perintahNya dan menjauhi laranganNya seperti halnya yang sudah termaktub dalam ayat di atas tersebut. Maka dari itu, sebaiknya setiap hari kita selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT, terutama di waktu setelah sholat. Adapun bacaan doa setelah sholat yang biasa dibaca oleh mayoritas umat muslim ialah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.
اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ. اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْت. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.
رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ. رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Doa setelah sholat tersebut pada intinya memohon kepada Allah supaya diberikan kebaikan dan dijauhkan dari segalam maksiat, permohonan agar diberikan keselamatan dunia akhirat, kesehatan, rizki yang melimpah, serta ilmu yang terus bertambah dan bermanfaat. Juga berisi permohonan agar diberikan taubat sebelum sakaratul maut, rahmat ketika sakaratul maut, dan ampunan setelah kematian. Doa setelah sholat tersebut juga mengandung permohonan ampun untuk diri sendiri, orang tua, dan seluruh umat muslim, dan ditutup dengan doa sapu jagad. Anda juga bisa menambahkan dengan doa yang lain. tidak harus menggunakan Bahasa Arab tetapi gunakan bahasa sendiri sebisa Anda. wallahu a’alam bisshawab.

Demikianlah “Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lima Waktu” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *