Bacaan Lafadz Niat dan Doa Wudhu Lengkap beserta Terjemahannya

Diposting pada
Bacaan Lafadz Niat dan Doa Wudhu Lengkap beserta Terjemahannya

Doa wudhu – salah satu syarat sahnya melaksanakan sholat ialah harus suci dari hadats besar dan hadats kecil. Hadats besar ialah hadats yang cara mensucikannya adalah dengan mandi wajib atau mandi besar. Sedangkan hadats kecil ialah hadtas yang cara mensucikannya cukup dengan berwudhu. Ya, jadi wudhu merupakan bagian dari pada sahnya sholat. Tak hanya sholat saja yang diharuskan untuk berwudhu, ibadah yang lainnya pun juga mengharuskan setiap orang untuk suci terlebih dahulu seperti membaca al Qur’an, thawaf, dan sebagainya.
Masih kaitannnya dengan wudhu, dalam berwudhu pun kita juga dianjurkan untuk membaca doa wudhu yang diucapkan tatkala kita sudah selesai melakukan wudhu. Adapun bacaan dari pada doa wudhu ialah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

doa wudhu

Itulah bacaan dari pada doa wudhu yang dianjurkan supaya kita baca pada saat kita telah selesai melaksanakan wudhu lengkap dengan rukunnya. Selain itu, pada saat mengucapkan doa setelah wudhu sebaiknya kita menghadap ke arah kiblat sambil menangadahkan tangan sebagai bentuk kita memohon kepada Allah SWT. Dalam wudhu, selain membaca doa setelah wudhu seperti yang telah dipaparkan di atas tadi kita pun juga diperintahkan untuk membaca niat wudhu. Dalam madzab Imam Syafi’i melafalkan niat pada saat hendak melakukan apa pun itu sangat dianjurkan supaya lebih memantabkan apa yang ada di hati. Selain itu membacalafadz niat juga dapat menghindari terjadinya sifat lupa mengingat betapa pentingnya niat sebagai salah satu rukun dari setiap melakukan ibadah. Tanpa niat maka ibadah apa pun yang kita lakukan itu sia – sia.

Bacaan niat wudhu ini dibaca ketika kita membasuh wajah dengan air. Adapun bacaan pada saat niat wudhu ialah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala.

Bacaan lafadz niat wudhu tersebut dibaca dengan dibarengi niat atau sengaja berwudhu dalam hati. Dalam wudhu juga terdapat sunnah – sunnah yang lain yang sangat dianjurkan supaya kita laksanakan seperti membersihkan dan menyela – nyela jari tangan sembari mengucap kalimat syahadat, lalu berkumur tiga kali, menghisap sedikit air ke hidung, dan membasuh kedua telinga, dan masing – masing gerakan pada wudhu supaya dilakukan sebanyak tiga kali. Semua gerakan tersebut wajib dilakukan secara berurutan. Jika tidak maka tidak sah wudhu kita karena urut atau tertib merupakan bagian dari pada rukun wudhu. Selain itu, sebelum melaksanakan wudhu hendaknya kita membersihkan diri terlebih dahulu dari berbagai kotoran ataupun najis yang menempel pada tubuh kita. Barulah selesai kita memenuhi rukun dan sunnah wudhu kita boleh membaca doa wudhu seperti yang sudah kita pelajari di atas tadi.

Dalam berwudhu pun juga ada adab yang seharusnya kita patuhi yakni ketika berwudhu kita hendaknya mengenakan pakaian atau menutup aurat kita. Sekian ulasan tentang tata cara berwudhu dan doa wudhu yang baik dan benar.

Demikianlah pembahasan “Bacaan Lafadz Niat dan Doa Wudhu Lengkap beserta Terjemahannya” yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bisa menjadikan amalan istiqomah untuk kita semua. Wallahu a’lam bisshawab. Referensi lainnya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *