Doa Naik Kendaraan Supaya Selamat dari Musibah Ketika di Perjalanan

Diposting pada
Bacaan Doa Naik Kendaraan

Doa naik kendaraan – Membahas tentang kesantunan agama islam memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak ilmu yang perlu kita pelajari demi mendalami agama islam tersebut. Semua hal dalam kehidupan tidaklah lepas dari aturan agama. Maka dari itu kita diwajibkan untuk terus belajar, dan karena itu jugalah kita sebagai umat islam mendapatkan kewajiban untuk belajar mulai dari ketika masih dalam ayunan hingga ajal menjemput. Dan selama apa pun kita belajar menekuni ilmu tetap tidak cukup untuk menyerap semua ilmunya Allah SWT. Seperti yang sudah banyak didhawuhkan bahwasanya andaikan tinta diibaratkan sebanyak lautan maka tetaplah tidak cukup untuk menuliskan ilmu dari Allah SWT.

Kesantunan islam dapat terlihat dari seberapa detailnya islam mengatur setiap hal dalam kehidupan dan menempatkan adab pada setiap langkah yang kita ambil. Salah satu yang tak lepas dari aturan islam ialah ketika hendak bepergian dengan berkendara yakni supaya kita senantiasa memanjatkan doa naik kendaraan kepada Allah SWT. Kendaraan terbagi menjadi tiga yakni kendaraan darat, laut, dan udara dan ketika menaikinya harus selalu diawali dengan doa. Hal – hal yang mungkin bagi sebagian kecil orang dianggap sepele tetapi dalam islam diatur sedemikian santun. Selain untuk menjadi jembatan kita memohon pertolongan kepada Allah SWT, doa juga menjadi perantara yang bisa meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

doa naik kendaraan
@Image Wikipedia

Berikut bacaan doa naik kendaraan yang bisa kita hafalkan :

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya: Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi- Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Bacaan doa di atas merupakan bacaan doa naik kendaraan secara umum yang biasa dilakukan oleh umat islam. Jadi, ketika Anda bepergian baik dengan kendaraan darat, laut, maupun udara jangan sampai Anda lupa untuk memanjatkan doa tersebut. Di balik anjuran untuk berdoa, pernahkah terbesit dalam benak Anda mengapa ketika bepergian kita sangat dianjurkan untuk melantunkan doa? Hal ini tidak lepas dari berbagai fakta bahwasanya seperti yang sudah sama – sama kita ketahui sebuah perjalanan sangat rawan akan terjadinya suatu musibah. Kecelakaan, kemacetan, penjambretan, hipnotis, dan semua bentuk kejahatan lainnya sangatlah mungkin terjadi ketika kita sedang dalam perjalanan. Mengapa pada saat bepergian sangat rawan sekali terjadinya kejahatan? Karena kebanyakan orang ketika dalam perjalanan itu lalai dan tidak mengingat Allah SWT dan mereka lebih fokus menyetir kendaraannya atau fokus dengan hal – hal lain yang ada di sekelilingnya. Dengan demikian peluang kita untuk mendapatkan musibah juga besar.

Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk tidak lupa membaca doa naik kendaraan supaya kita aman dan selamat dari segala musibah ketika di perjalanan. Dengan perantara doa Allah SWT akan melindungi kita dari bahaya apa pun dan perjalanan kita pun juga menjadi lebih tenang. Selain membaca doa, ketika bepergian kita juga dianjurkan untuk banyak – banyak membaca doa sholawat karena dengan syafaat baginda Rasulullah SWT kita juga bisa selamat dari bahaya apa pun. Dan bacaan sholawat merupakan bacaan doa yang paling ringan diucapkan serta tidak akan tertolak sehingga bacaan sholawat ini bisa dibaca di kala apa pun dan di mana pun kecuali kamar mandi dan WC. Jadi, semoga kita juga istiqomah dalam mengajarkan doa – doa pendek termasuk doa naik kendaraan kepada anak – anak kita sejak dini. Referensi doa naik kendaraan lainnya (ini). Salam serba makalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *