Doa Sebelum Tidur dan Setelah Tidur Lengkap dengan Penjelasannya

Diposting pada
Doa Sebelum Tidur dan Setelah Tidur

Doa sebelum tidur dan setelah tidur – Islam adalah agama yang indah yang mana pada setiap selalu mengajarkan manusia supaya senantiasa menjaga adab dan akhlak, baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah SWT. Salah satu bentuk akhlak terhadap Allah SWT yang diajarkan dalam islam ialah supaya kita selalu berdoa memohon sesuatu kepada Allah SWT baik sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu.

Begitu indahnya agama ini sehingga dalam hal apa pun kita selalu diajarkan untuk mengingat bahwasanya Allah AWT ialah yang harus selalu ada di hati kita dan Allah SWT-lah yang bisa memberikan perlindungan kepada kita dalam hal apa pun. Maka dari itu, islam mengajarkan berbagai macam doa yang berkaitan dengan setiap langkah yang kita lakukan supaya kita tetap berada dalam naunganNya dan tidak menjadi umat yang merugi.

Adapun salah satu doa yang diajarkan dalam agama islam supaya dilaksanakan ialah doa sebelum tidur. Ya, manusia adalah mahkluk Allah SWT yang membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan seluruh tubuh dari penatnya aktifitas sehari – hari yang cukup melelahkan. Dan ketika hendak tidur, kita pun juga diajarkan supaya berdoa terlebih dahulu. Sekilas memang terlihat sepele karena mau tidur saja kita disuruh untuk berdoa terlebih dahulu. Tetapi, semua itu bukanlah tanpa alasan. Dan semua ajaran dalam islam tidak ada satu pun yang sia – sia.

doa sebelum tidur

Berikut adalah bacaan doa sebelum tidur:

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati”.

Berikut ini adalah bacaan doa setelah tidur: (sumber)

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sebelum kami mati (membangunkan dari tudur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

Untuk melengkapinya bisa ditambah dengan amalan menjelang tidur ini.

Seperti yang sudah sempat disinggung tadi bahwasanya tidak ada satu pun ajaran dalam agama islam yang merugikan ataupun sia – sia. Manusia sebelum tidur diajarkan supaya terlebih dahulu membaca doa sebelum tidur. Hal ini karena ketika tidur seluruh organ tubuh manusia berhenti bekerja kecuali otak yang terus bekerja mengendalikan organ – organ tertentu seperti jantung dan paru – paru. Sedangkan anggota tubuh yang lain semua berhenti sementara atau bisa dikatakan ketika manusia sedang tidur ia mengalami mati sementara. Seakan terlihat sepele namun rupanya ada hikmah yang sangat besar yang bisa kita ambil dari informasi ini. Bisa jadi kita tidak akan mampu untuk bangun dari tidur lagi. Demikian pula dengan doa setelah tidur, sebagai perwujudan kita akan rasa syukur kita kepada Allah SWT, maka di awal doa setelah tidur ada kata Alhamdulillah “Segala Puji Bagi Allah”.

Oleh karena itu, kita diajarkan untuk berdoa supaya kita mendapatkan perlindungan dari Allah SWT ketika sedang tidur. Bentuk perlindungan dari Allah SWT tidak hanya berupa perlindungan untuk tubuh kita jaga, tetapi juga jiwa kita. Dalam keadaan tidur jin atau syaitan berkesempatan besar untuk menggoda manusia, seperti dengan adanya mimpi buruk dan lain – lain. Supaya terhindar dari hal – hal tersebut hendaknya kita berdoa terlebih dahulu. Salah satu perlindungan dari godaan syaitan ialah kita bisa bangun pagi untuk sholat subuh. Maka dari itu, jangan sampai kita lupa untuk membaca doa sebelum tidur dan setelah tidur, juga berwudhu terlebih dahulu dan membaca kalimah tayyibah yang lain seperti sholawat maupun ayat kursi supaya kita benar – benar terjaga dari segala keburukan selama kita tidur.

Demikianlah Bacaan doa sebelum tidur dan setelah tidur yang dapat serba makalah sajikan. Doa tersebut sangat mudah dihafalkan, bahkan untuk anak – anak. Jadi, sebagai orang tua mulailah untuk mengajari anak – anak Anda berdoa dalam hal apa pun untuk menciptakan generasi yang beriman dan shalih. Wallahu a’lam bisshawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *