Doa Setelah Adzan Beserta Penjelasannya

Diposting pada
Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan – Adzan pertama kali dikumandangkan oleh sahabat Bilal Bin Rabbah sebagai bentuk panggilan sholat. Hingga kini adzan selalu dikumandangkan di masjid – masjid atau mushola begitu memasuki waktu sholat. Orang yang mengumandangkan adzan disebut sebagai muadzin. Ketika adzan sedang dikumandangkan, kita diperintahkan untuk sejenak menghentikan aktifitas supaya mendengarkan adzan terlebih dahulu hingga selesai. Selain itu, kita juga diajarkan untuk menjawab setiap bacaan pada adzan setelah muadzin mengumandangkannya. bacaan atau lafadz pada adzan semua kita jawab dengan cara yang sama seperti yang dikumandangkan oleh muadzin.

doa setelah adzan

Selain diutamakan untuk menjawab setiap lafadz pada adzan sesuai yang dikumandangkan oleh muadzin, kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa setelah adzan. Tidak hanya muadzin saja yang perlu untuk berdoa begiu adzan sudah selesai. Orang – orang yang mendengarkan pun juga dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT usai selesai mendengarkan adzan. Berikut adalah bacaan doa setelah adzan yang biasa dipanjatkan oleh kaum muslimin:

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya : Ya Allah, Tuhan Yang Memiliki Seruan Sempurna dan Shalat yang Tetap Didirikan, karunikanlah kepada Nabi Muhammad SAW washilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan tempatkanlah ia (Muhammad SAW) dalam kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Berdoa setelah adzan hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan supaya dikerjakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain itu, membaca doa setelah adzan juga mendatangkan pahala tersendiri bagi kita. Pernahkah suatu ketika terlintas di benak Anda mengapa kita dianjurkan untuk berdoa setelah adzan? Hal ini tak lain ialah karena merujuk pada hadits Nabi Muhammad SAW yang mana beliau menyeru kepada umatnya untuk berdoa pada saat usai mengumandangkan adzan atau pun setelah mendengarkan adzan. Jadi, doa setelah adzan ini sekali lagi bisa dibaca baik muadzin maupun orang yang mendengarkan.

Keutamaan dari membaca doa setelah adzan ialah dikabulkannya doa kita pada waktu tersebut. Mungkin sebagian besar dari pada Anda pernah mendengar bahwasanya doa yang dipanjatkan di antara adzan dan iqomah itu akan dikabulkan. Oleh sebab itulah kita diseru supaya membaca doa setelah adzan selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai doa setelah adzan yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf. Referensi lainnya, ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *