Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Penjelasannya

Diposting pada
Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa setelah sholat tahajud – sholat tahajud bagaikan anak panah yang tepat mengenai sasaran. Seperti itulah gambaran yang tepat untuk memberikan pengertian terhadap sholat tahajud. Sama halnya dengan pelaksanaan sholat sunnah pada umumnya, sholat tahajud pun juga dilaksanakan dengan cara dua rakaat salam, begitu seterusnya. Dan untuk pelaksanaannya sholat qiyamul lail itu supaya dilakukan dalam jumlah rakaat yang ganjil. Misal seseorang melaksanakan sholat tahajud delapan rakaat maka hendaknya diganjilkan menjadi sebelas rakaat dengan 3 rakaatnya berupa shalat witir. Ya, shalat witir merupakan shalat yang jumlahnya ganjil dan Allah SWT menyukai sesuatu yang ganjil.

doa setelah sholat tahajud

Dalam sebuah hadits bahkan disebutkan setidaknya dalam sehari semalam kita diperintahkan untuk melakukan shalat witir sesuai kehendak berapa rakaat yang kita inginkan. Jika kita menginginkan 3 rakaat maka lakukan sebanyak tiga rakaat tersebut. Jika lima rakaat maka lakukan lima rakaat, dan bahkan jika hanya ingin melakukan satu rakaat pun maka lakukanlah satu rakaat tersebut, dan begitu seterusnya. Setelah selesai melaksanakan sholat tahajud, kita pun juga dianjurkan untuk memanjatkan doa setelah sholat tahajud.

Berikut bacaan doa setelah sholat tahajud beserta artinya:
اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya: Ya Allah, milikMu-lah segala puji, Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah yang hak benar janjiMu-lah yang benar, pertemuan denganMu adalah benar, perkataanMu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada. Ya Allah hanya kepadaMu-lah aku berserah diri, hanya kepadaMu-lah aku beriman, hanya kepadaMu-lah aku bertawakkal, hanya kepadaMu-lah aku kembali, hanya denganMu-lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu-lah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya dari pada aku. Engkaulah yang maha terdahulu dan Engkaulah yang maha terakhir. Tak ada tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Itulah bacaan doa setelah sholat tahajud yang semuanya berisi pujian terhadap Allah SWT dan permohonan ampunan kepadaNya. Doa setelah sholat tahajud tersebut juga bisa kita tambahkan dengan doa – doa yang lain sebisa kita dan tidak wajib menggunakan bahasa Arab.

Demikianlah penjelasan mengenai doa setelah sholat tahajud yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terimakasih banyak dan mohon maaf. Wallahu a’lam bisshawab. Referensi lainnya, ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *