Doa Setelah Wudhu Jangan Lupa dibaca Setelah Berwudhu

Diposting pada
Doa Setelah Wudhu

Doa setelah wudhu – Dalam melakukan ibadah seperti sholat terdapat syarat sah dan rukunnya yang harus dipenuhi. Jika keduanya tidak terpenuhi makan bisa menjadi penghalang tidak diterimanya amal ibadah kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempelajari ilmu syariat supaya memahami syarat sah dan rukun dalam melakukan ibadah sholat supaya sholat kita diterima oleh Allah SWT. Ilmu syariat yang membahas tentang tata cara pelaksanaan ibadah biasanya terangkum dalam kitab fiqih. Jadi, ilmu fiqih atau ilmu syariat inilah yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan ibadah dan ilmu fiqih ini merupakan ilmu sehari – hari yang perlu dipelajari oleh umat islam. Sangat disayangkan sekali apabila ada orang yang melakukan ibadah ini itu tanpa memahami syarat rukunnya.

doa setelah wudhu

Penjelasan tentang syarat sah dan rukunnya sholat itu berbeda. Syarat ialah hal – hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan suatu ibadah seperti sholat. Adapun salah satu syarat sah sholat yang harus dipenuhi ialah berwudhu terlebih dahulu. Sedangkan rukun sholat ialah hal – hal yang harus dipenuhi ketika sedang melaksanakan sholat tersebut. Yang termasuk dalam rukun sholat ialah membaca surah Al-fatihah dan sebagainya. Tanpa membaca surah al-Fatihah maka tidak bisa dikatakan sholatnya seseorang sempurna. Kecuali bagi makmum yang masbuq yang mana ada pembahasannya tersediri terkait membaca surah al – Fatihah ini.

Kaitannya dengan syarat sah sholat yang kita singgung di atas yakni wudhu, dalam aktifitas yang satu ini rupanya juga ada adab yang perlu kita lakukan. Selain dianjurkan untuk berwudhu dalam keadaan menutup aurat, kita juga diajarkan untuk berdoa setelah selesai melaksanakan wudhu. Adapun bacaan doa setelah wudhu adalah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

Doa di atas merupakan doa yang dianjurkan supaya kita baca setelah wudhu. Dalam doa tersebut kita bisa menangkap maknanya yaitu berisi tentang permohonan supaya dijadikan sebagai orang yang bertaubat dan supaya menjadi bagian dari pada goloongan orang – orang yang bersuci. Bacaan doa setelah wudhu seperti di atas tidaklah panjang sehingga sangat mudah untuk dihafalkan. Lafadznya pun juga mudah untuk diingat dan diawali dengan kalimat sholawat terlebih dahulu. Selain membaca doa setelah wudhu, jangan sampai kita lewatkan juga niat sebelum wudhu. Adapun bacaan niat wudhu ialah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala.

Membaca niat wudhu tersebut dilakukan ketika hendak membasuh wajah. Bacaan niat wudhu di atas hanyalah lafadznya saja, sedangkan niat sesungguhnya haruslah dilakukan dari dalam hati. Dan disunnahkan sebelum berwudhu supaya membersihkan tangan atau menyela – nyela bagian jari jemari tangan sembari membaca basmalah dan dua kalimat syahadat. Untuk bacaan doa – doa pendek dan lafadz niat wudhu maupun lafadz niat sholat sebaiknya mulai dikenalkan kepada anak – anak sejak dini.

Demikianlah doa setelah berwudhu yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf. Referensi lainnya lihat di “sini“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *