Doa Untuk Orang Tua yang Harus di Baca Setelah Sholat

Diposting pada
Doa Untuk Orang Tua yang Harus di Baca Setelah Sholat

Doa untuk orang tua – Kewajiban berbakti kepada orang tua adalah perintah mutlak yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat islam di mana pun mereka berada. Perintah untuk berbakti ini bahkan sudah termaktub dalam al Qur’an sejak 14 abad silam. Tidak hanya itu saja, Rasulullah SAW pun bahkan juga telah menyebutkan berkali – kali dalam hadits beliau yang mana kita diperintahkan untuk memuliakan orang tua, terutama sang ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita dnegan tulus tanpa pamrih. Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw ketika ditanya oleh salah satu sahabatnya tentang siapa yang harus kita hormati dan beliau pun menjawab ibu, ibu, ibu sebanyak tiga kali, baru yang keempat ialah bapak. Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa kita boleh mengesampingkan ayah kita. Baik ayah dan ibu keduanya sama – sama orang tua kita yang wajib kita muliakan baik ketika masih di dunia maupun setelah beliau berdua wafat sekalipun.

Cara kita berbakti kepada orang tua ada berbagai banyak cara yang bisa dilakukan. Berbiaca lembut, bersikap sopa santun, tidak membentak mereka, mematuhi segala nasehatnya, bahkan mendoakannya. Ya, sebagai seorang anak jangan sampai kita lupa untuk senantiasa mengirimkan doa untuk kedua orang tua kita baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada. Adapun bacaan doa untuk orang tua seperti yang telah termaktub dalam kitab suci al Qur’an ialah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Artinya: Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.

doa untuk orang tua

Doa untuk orang tua tersebut hendaknya kita baca setiap kali usai melaksanakan sholat dan jangan sampai sekalipun kita lalai untuk memanjatkan doa untuk orang tua kita. Alangkah lebih baiknya lagi bilamana kita menambahkan dengan amalan bacaan surat al Fatihah yang kita khususkan kepada orang tua kita. Terutama bagi mereka yang sudah meninggal dunia, hanyalah doa dari putera – puterinyalah yang bisa menjadi teman di alam kubur. Seperti yang sudah didhawuhkan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu hadits beliau yang artinya:
Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih yang mendo’akan orang tuanya. (HR. Muslim).

Begitu luar biasanya hubungan seorang anak dengan orang tua sehingga setelah meninggalnya pun hanya doa anak shalih dan shalihahlah yang masih bisa menjadi penerang dan amal jariyah ketika di alam kubur. Oleh karena itu, setiap kali kita selesai melaksanakan sholat mari jangan pernah berhenti untuk memohonkan doa untuk orang tua kita yang berisikan permohonan ampunan bagi orang tua kita, memohonkan segala keluasan rezeki bagi mereka, memohonkan supaya mereka dijauhkan dari segala macam bala’ atau musibah, dan sebagainya. Terlebih jika mereka telah tiada maka haruslah banyak – banyak kita mengirimkan doa untuk keduanya.

Beruntunglah bagi kita yang orang tuanya masih hidup. Maka dari itu jangan sampai kita lewatkan kesempatan tersebut untuk banyak membaca doa untuk orang tua kita, berbakti kepada mereka, tidak membuat mereka sakit hati, dan sebagainya. Dalam hidup ini mari kita usahakan untuk selalu memuliakan mereka berdua karena ridho Allah SWT untuk seorang anak tergantung pada ridho orang tua.

Demikian ulasan tentang doa untuk orang tua yang dapat serba makalah sajikan, semoga memberikan manfaat. Wallahu a’lam bisshawab. Referensi lainnya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *