Doa Ziarah Kubur pada saat Ziarah Maupun Melintasinya

Diposting pada
Bacaan Doa Ziarah Kubur

Doa ziarah kubur – Berziarah ke makam orang – orang yang sudah mendahului kita adalah hal yang perlu kita lakukan sesekali. Tujuannya ialah supaya kita mengingat akan kematian dan bahwasanya kita nantinya juga akan menyusul mereka ke alam kubur entah cepat atau lambat. Ketika sedang berziarah, kita diajakan untuk mendoakan orang yang mati supaya orang tersebut diberikan kelapangan kuburnya dan supaya dijauhkan dari siksa kubur. Bagi sebagian orang menziarahi makam mungkin terlihat menyeramkan karena kerap kali makam diidentikkan dengan hal – hal berbau mistis. Namun kita sebagai umat islam yang percaya akan adanya kematian dan alam gaib jangan takut untuk berziarah. Orang yang sudah mati tidak mungkin mengganggu kita yang sudah hidup dan kalaupun kita pernah diganggu berarti yang mengganggu adalah sebangsa jin dan syaitan yang ingin menakut – nakuti kita saja.

doa ziarah kubur

Ketika berziarah ke kubur orang – orang terdahulu jangan hanya sekedar menabur bunga ke atas pusaranya melainkan kita sebaiknya juga mendoakan yang mati. Lebih bagus lagi kalau kita mau membacakan tahlilan kepada mereka yang telah mati. Berikut ialah bacaan doa ziarah kubur sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang bisa kita baca ketika sedang menziarahi makam orang yang sudah meninggal, baik keluarga maupun teman.

اَلسَّلاَمُ عَلَى اَهْلِ الدِّيَارِمِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِميْنَ, وَيَرْحَمُ اللّٰهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنْكُمْ وَمِنَّاوَالْمُسْتَأْخِرِيْنَ وَاِنَّااِنْ شَاءَاللّٰهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ

Artinya: Semoga keselamatan terlimpah kepada ahli kubur dari kalangan kaum mukmin dan kaum mulim. Semoga Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kalian dan kami serta orang-orang yang terkemudian (dari kalian). Sesungguhnya kami, insya Allah benar-benar akan menyusul kalian.

Seperti yang sudah kita ketahui, ketika menziarahi kubur kita tidak boleh meminta kepada yang sudah mati supaya didoakan ini dan itu. Hal seperti ini adalah yang belum banyak diketahui oleh orang – orang awam. Banyak mereka yang masih saja meminta kepada orang yang sudah mati supaya didoakan ini dan itu. Padahal orang yang sudah mati tidak lagi bisa berdoa dan mereka justru meminta kiriman doa dari orang yang masih hidup. Oleh karena itu, setiap kali berziarah janganlah kita meminta doa mereka melainkan kita yang masih hidup inilah yang harusnya mengirimkan doa untuk mereka yakni doa ziarah kubur.

Lalu, muncul pertanyaan bagaimana dengan para waliyullah yang makamnya banyak diziarahi untuk istilahnya ‘ngalap barakah’. Ketika menziarahi makam waliyullah pun kita juga dilarang untuk meminta mereka supaya mengabulkan hajat kita karena itu adalah perbuatan syirik. Kita menziarahi waliyullah untuk mendoakan mereka juga dengan harapan semoga dengan perantara menziarahi para kekasih Allah SWT kita juga akan mendapatkan kemurahan Allah SWT Dzat Yang Maha Memberi. Jadi, usai mendoakan para waliyullah dan membaca doa ziarah kubur kita hendaknya juga memanjatkan doa kepada Allah SWT atas semua hajat kita supaya terkabulkan. Sekali lagi, menziarahi makam waliyullah hanyalah perantara saja atau sekedar ‘ngalap barakah’.

Selain membaca doa ziarah kubur, kita juga dianjurkan untuk menjaga adab ketika sedang berziarah. Adapun adab berziarah kubur ialah supaya kita terlebih dahulu berwudhu. Sebelum memasuki makam hendaknya kita melepas alas kaki. Di Indonesia adab supaya melepas alas kaki ini sepertinya masih berlaku di makam para waliyullah. Sedangkan di pemakaman umum yang langsung bersentuhan tanah maka boleh memakai sendal. Dilarang duduk di atas makam dan juga shalat menghadap makam dan tawaf mengelilingi makam. Wallahu a’lam bisshawab. Salam serba makalah. Referensi lainnya, ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *