Hemat Energi

Diposting pada

Hemat Energi

Pada kesempatan kali ini serba-makalah akan membahas hemat energi. Berikut penjelasannya.

Kehidupan masa lalu dan saat ini berbeda sekali. Bangsa kita makin butuh informasi, kenyamanan hidup dan lain sebagainnya. Untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan itu, kita membutuhkan berbagai alat bantu. Tentu saja alat bantu itu membutuhkan energi untuk mengoperasikannya.

Kegunaan Alat-alat Listrik

Untuk menjaga keselamatan kita saat menggunakan alat listrik, maka kita harus memperhatikan berbagai hal sebegai berikut:

  • Jangan memasukkan benda apapun, selain steker, ke stopkontak. Jika ini terjadi maka saat itu juga tubuh kita akan tersetrum aliran listrik.
  • Jangan menggunakan alat listrik yang rusak atau kabel yang terkelupas. Kabel yang terkelupas dapat mengalirkan listrik ke sekitarnya. Jika tanganmu menyentuh bagian kabel yang terkelupas, kamu pasti langsung tersetrum aliran listrik
  • Jangan memperbaiki sendiri alat listrik yang rusak. Alat yang dapat kita gunakan untuk mencegah kebakaran adalah sekring. Sekring adalah alat pemutus arus listrik. Di dalam sekring terdapat sepotong kawat yang berfungsi menghubungkan arus listrik. Apabila arus listrik yang melewatinya terlalu besar, misalnya saat terjadi korsleting, kawat akan putus. Dengan demikian, hubungan arus listrik pun terputus. Kebakaran pun dapat tercegah.
  • Saat menggunakan alat listrik, tenaga dan kaki kita tidak boleh basah.
  • Dan pastikan tidak ada air di sekitar stopkontak dan steker.

Penggunaan Bahan Bakar

Bahan bakar yang kita gunakan antara lain minyak tanah, gas, bensin, dan solar. Bahan bakar yang paling banyak digunakan untuk menjalankan kendaraan bermotor adalah bensin. Sementara kendaraan bermesin diesel, misalnya bus dan trukm, menggunakan solar. Saai ini bahan bakar gas mulai digunakan pada kendaraan. Keuntungan penggunaan gas adalah polusi yang dihasilkan lebih kecil daripada bensin dan solar.

Hemat Energi

Ada berbagai cara untuk menghemat energi, antara lain:

  • Gunakan alat listrik yang kira-kira sama fungsinya, tetapi hanya menggunakan sedikit energi. Misalnya, gunakan kipas angin sebagai pengganti AC (Air Conditioner).
  • Matikan kompor, segera setelah selesai memasak. Hal ini juga penting untuk menjaga keselamatan.
  • Matikan lampu dan alat listrik lainnya jika sedang tidak digunakan. Misalnya, jika sedang tidak ada yang menonton televisi, segera matikan televisinya.
  • Gunakan lampu hemat energi.

Demikianlah pembahasan mengenai hemat energi, sekian dan terimaksih banyak.

Sumber: Drs. Adi Gunawan, Buku Pintar Sekolah Dasar, (Lima Bintang), hlm. 495

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *