Ini Dia Bacaan Doa Selamat. Bacalah Setiap Sehabis Sholat!

Diposting pada
Bacaan Doa Selamat

Doa selamat – Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk meminta kepada Allah SWT tentang apa pun yang kita inginkan. Memang tanpa diminta pun Allah SWT sudah mengerti apa yang kita inginkan. Namun sebagai hamba yang lemah di hadapanNya ada baiknya kita selalu memohon padaNya supaya segala keinginan kita dikabulkan olehNya. Allah SWT lebih mencintai hambaNya yang mau mendekat dan meminta padaNya. Selain itu berdoa juga merupakan salah satu bagian dari akhlak manusia terhadap Allah SWT.

doa selamat

Seperti yang kita ketahui, setiap amalan itu memiliki doa masing – masing sesuai yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW dan juga para ulama’. Tak hanya doa setelah sholat wajib lima waktu saja, akan tetapi dalam amalan sholat sunnah yang lain pun juga dianjurkan untuk berdoa. Mau memulai sesuatu apa pun juga ada doanya. Makan, minum, mandi, buang hajat, tidur, dan sebagainya semua sudah diajarkan doanya. Hanya saja tidak semua umat muslim mengetahui semua doa – doa, seperti halnya doa memohon keselamatan. Doa selamat ini sangat umum dan banyak dipanjakan oleh para ulama’, kiai, atau pun imam sholat jamaah. Semua tidak ketinggalan untuk memohonkan kepada Allah tentang keselamatan kita semua baik di dunia maupun di akhirat, dan juga untuk segala urusan apa pun. Berikut lafadz atau bacaan doa selamat yang biasa dipakai oleh umat muslim:

. اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْت. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Doa selamat pada intinya ialah memohon supaya diberikan keselamatan kepada Allah SWT. Dalam doa tersebut sudah terkandung segala permohonan keselamatan lain seperti selamat dari bahaya, selamat dalam hal keagamaan supaya tidak terjerumus ke ajaran yang salah dan murtad, selamat dari berbagai fitnah, selamat dari kemaksiatan, dan sebagainya. Jadi, dengan memanjatkan doa selamat seperti yang sudah diajarkan di atas tersebut kita sebenarnya sudah memanjatkan segala keinginan tentang keselamatan ketika hidup di dunia, dan juga keselamatan ketika nanti di akhirat, yakni selamat dari siksa kubur maupun siksa di neraka.

Lafadz dari doa selamat di atas tersebut juga tidaklah sulit untuk dihafalkan. Sebaiknya pengenalan akan doa – doa termasuk doa selamat sudah mulai dilakukan terhadap anak – anak kita semenjak mereka masih kecil karena mereka masih mudaj untuk menghafalkan di usianya yang belia. Selain itu, memanjatkan doa juga ada adabnya, yakni diawali terlebih dahulu dengan bacaan basmalah, kemudian membaca kalimah hamdalah sebagai pujian terhadap Allah SWT. Selanjutnya membaca bacaan doa sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai washilah atau perantara yang selalu kita nantikan syafaat dan barakahnya baik di dunia maupun di akhirat. Terakhir, sebelum menutup doa kita juga sangat dianjurkan untuk mengucapkan kembali kalimah hamdalah untuk memuji Allah SWT, dan sesungguhnya Allah SWT menyukai pujian dari hambaNya sebagai bentuk kedekatannya dengan Sang Pencipta.

Bacaan doa selamat tersebut boleh dipanjatkan kapan pun dan di mana pun, terutama ketika kita selesai sholat dan berdzikir. Dalam momen tersebut usahakan untuk selalu memanjatkan doa selamat sebagaiman yang telah diterangkan di atas tadi supaya kelak kita benar – benar menjadi umat Nabi Muhammad Saw yang terbebas dari siksa akhirat. Untuk bacaan doa selamat lainnya di sini.

Demikianlah pembahasan mengenai bacaan doa selamat yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *