Inilah Salah Satu Doa untuk Orang Sakit

Diposting pada
Inilah Salah Satu Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk orang sakit – Ketika sedang sakit, tubuh seorang manusia akan melemah. Orang yang sakit tidak bisa berakftifitas lagi seperti kala masih sehat, tidak bisa melakukan pekerjaannya, dan yang dibutuhkan adalah istirahat cukup untuk kembali pulih. Selain itu, setiap orang yang sakit juga membutuhkan obat supaya lekas sembuh. Akan tetapi, istirahat yang cukup dan meminum obat saja masih belum cukup tanpa doa memohon kesembuhan kepada Allah SWT. Sebagai umat muslim kita memang diajarkan untuk menjadi hamba yang taat dan selalu berserah diri kepada Allah SWT atas semua yang terjadi pada kita. Sekalipun manusia sudah berobat kemana – mana dan beristirahat secukup mungkin, namun bila Allah SWT belum berkehendak untuk memberikan kesembuhan maka semua itu belum bisa menjadikan seseorang yang sakit bisa sembuh. Obat – obatan adalah sarana atau perantara kesembuhan saja, sedangkan Allah SWT adalah yang memberikan kesembuhan dan juga yang memberikan rasa sakit tersebut kepada manusia.

doa untuk orang sakit

Oleh karena itu, sesuai apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika kita sedang sakit maka sebaiknya juga kita memohon kepada Allah SWT melalui doa supaya segera diberikan kesembuhan. Bahkan tak hanya untuk diri sendiri saja, melainkan doa juga bisa diperuntukkan bagi orang lain. jadi bilamana kita mendapati kerabat, teman, saudara, atau yang lainnya sedang sakit, maka sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk menjenguknya sekaligus mendoakan kesembuhannya. Berikut adalah bacaan doa untuk orang sakit yang biasa dipakai dan diajarkan oleh Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: Ya Allah, Tuhan seluruh manusia. Hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah. Engkaulah Dzat Yang Maha Penyembuh. Tiada kesembuhan yang sejati melainkan kesembuhan yang datang dari Engkau. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit dan penyakit yang lain”. (HR Bukhari dan Muslim)

Menjadi orang yang sakit memanglah tidak enak. Akan tetapi semua perkara yang terjadi pada kita baik itu kegembiraan maupun kesusahan pastilah ada hikmah di balik keduanya. Baik kegembiraan maupun kesusahan keduanya merupakan suatu ujian dari Allah SWT. Kegembiraan merupakan ujian bagaimana kita bisa mensyukuri nikmat luar biasa yang telah Allah SWT dan apakah kita masih bisa mengingat Allah SWT ketika dalam keadaan gembira. Pun kesusahan demikian. Ketika sedang kesusahan manusia sebenarnya juga sedang diuji seberapa kuat ia mampu bertahan dan bersabar menghadapi cobaan tersebut.

Kaitannya dengan kesusahan, seperti yang sudah kita singgung sejak awal bahwasanya sakit juga termasuk suatu cobaan untuk manusia yang didatangkan oleh Allah SWT. Melalui rasa sakit kita diuji seberapa kuat kita bisa bersabar dan juga mengajarkan supaya kita mau bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan. Maka dari itu, dalam keadaan sakit kita harus selalu memanjatkan doa untuk orang sakit untuk kesembuhan diri kita sendiri, atau ketika menjenguk orang yang sakit pun jangan lupa untuk mendoakan kesembuhannya juga.

Untuk referansi doa untuk orang sakit yang lainnya, bisa dilihat di sini

Bicara tentang doa untuk orang sakit, tahukah Anda bahwasanya kita ketika menjenguk orang sakit sebenarnya malah yang sehat dianjurkan supaya memohon didoakan oleh yang sakit? Ya, orang yang sakit adalah salah satu golongan orang yang doanya bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi, selain mendoakan yang sakit, manfaatkan juga kesempatan tersebut untuk sekalian memohonkan doa untuk kita. Demikian sedikit pembahasan tentang doa untuk orang sakit  yang bisa serba makalah sampaikan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bisshawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *