Keutamaan Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud

Diposting pada
Keutamaan Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud Setelah Sholat

Doa Tahajud – Umat islam ditempatkan oleh Allah SWT dalam kedudukan yang sangat mulia di sisiNya. Tetapi kemuliaan tersebut hanya didapatkan oleh mereka yang mau beriman dan memiliki ketaqwaan terhadap Allah SWT. Salah satu kemuliaan daripada umatnya Rasulullah SAW ini ialah mereka yang mau melaksanakan sholat sunnah tahajud. Seperti yang sama – sama sudah kita ketahui, sholat tahajud merupakan salah satu bentuk amalan sunnah yang dilaksanakan ketika malam hari setelah tidur. Waktu yang paling dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud sendiri ialah sepertiga malam yang terakhir.

doa tahajud

Banyak ulama’ yang menyebutkan beberapa fadhilah melaksanakan sholat tahajud di antaranya ialah dapat terkabulnya segala doa dan harapan. Namun karena sholat ini hanya bisa dilaksanakan di malam hari hingga sebelum terbit fajar subuh, maka tak banyak umat islam yang bisa menjalankannya. Padahal pahala dan kebaikan dari sholat tahajud ini begitu luar biasa. Karena dilaksanakan di waktu malam pada saat semua manusia terlelap, maka sholat ini bisa dilaksanakan dengan sangat khusyu’ dan tenang. Ketika melakukan sholat ini seakan – akan kita bisa merasakan betapa dekatnya kita dengan Allah SWT. Pada waktu tersebut kita berkesempatan untuk melantunkan doa tahajud dan mencurahkan segala isi hati dan harapan kepada Allah SWT.
Adapun doa tahajud secara umum ialah sebagai berikut:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya: Ya Allah, milikMu-lah segala puji, Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya, milikMu-lah segala puji, Engkaulah yang hak benar janjiMu-lah yang benar, pertemuan denganMu adalah benar, perkataanMu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada. Ya Allah hanya kepadaMu-lah aku berserah diri, hanya kepadaMu-lah aku beriman, hanya kepadaMu-lah aku bertawakkal, hanya kepadaMu-lah aku kembali, hanya denganMu-lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu-lah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya dari pada aku. Engkaulah yang maha terdahulu dan Engkaulah yang maha terakhir. Tak ada tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Doa tahajud tersebut merupakan salah satu tuntunan doa yang bisa dipanjatkan setelah sholat tahajud. Dan kita pun juga bisa menambahkan dengan doa – doa yang lain. Kesempatan yang sangat bagus dalam sholat tahajud sehingga jangan sampai melewatkan momen ini untuk banyak berdzikir dan berdoa kepadaNya. Sangat disayangkan memang karena tak banyak yang sanggup melaksanakan sholat tahajud ini, dan bersyukurlah kita yang bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa bangun di sepetiga malam guna melaksanakan sholat tahajud dan memperbanyak dzikir kepadaNya. Maha Suci Allah dengan segala kekuasaanNya. Wallahu a’lam bisshawab.

Demikianlah pembahasan mengenai “Keutamaan Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Tahajud” yang dapat serba makalah sajikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *