Langkah Langkah Perancangan Kontrak Bisnis

Diposting pada

pada kesempatan kali ini serba-makalah.com akan menyajikan langkah langkah perancangan kontrak bisnis.

langkah pertama:

  1. perancang kontrak harus menetapkan terlebih dahulu hal yang akan menjadi substansi dari kontrak yang sempurna
  • apakah kontrak telah memuat ketentuan ketentuan yang cukup untuk memenuhi persyaratan pembentukan kontrak yang sempurna?
  • apakah kontrak dapat menjawab persoalan persoalan hukum yang mempertanyakan keabsahan pemberuntukannya?
  • apakah kontrak perlu memuat ketentuan ketentuan yang menetapkan dalam situasi situasi apa pelaksanaan prestasi tidak harus dilaksanakan atau dapat tertunda?
  • apakah kontrak memuat upaya upaya hukum yang memadai seandainya terjadi wanprestasi?
  • apakah kontrak perlu memuat pernyataan yang membatasi akibat akibat hukum terhadap pihak ketiga?
  • apakah kontrak perlu memenuhi persyaratan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh peraturan perundang undangan?
  • apakah kontrak harus memuat persyaratan persyaratan khusus yang dikehendaki klien? apakah kontrak memuat persyaratan persyaratan yang diperlukan untuk menjamin pencapaian tujuan bisnis klien kontrak ini?
  • apakah kontrak perlu memuat persyaratan persyaratan yang menceriminkan tingkat atau besarnya risiko yang sanggup dipikul oleh klien?

langkah langkah perancangan kontrak bisnis yang kedua:

perancang harus menganalisis siapa pihak pihak yang menggunakan kontrak? semakin banyak informasi mengenai siapa saja yang membaca kontrak semakin besar kemungkinan kontrak dapat mencapai tujuan: apakah perancangan kontrak dapat menentukan siapa pembaca primer dan pembaca sekunder?

langkah langkah perancangan kontrak bisnis yang ketiga adalah:

  • langkah dimana perancang kontrak mulai mengorganisasikan bahan yang dituangkan dalam kontrak apakah bagian penutup kontrak harus dibuat sesuai dengan peraturan perundang undangan?
  • apakah bagian penutup harus memuat tanda tangan dari pihak pihak yang menutup kontrak tersebut, dan apakah bagian penutup ini harus juga memuat nama jelas dari orang yang menandatangani tersebut? nama jelas para pihak penandatanganan itu harus ditulis atau dicetak di bawah kolom tanda tangan
  • apakah bagian penutup harus memuat jabatan atau kemampuan hukum dari orang orang yang menandatangani kontrak? jabatan atau kemampuan hukum dari setiap orang ini perlu dicantumkan untuk menegaskan bahwa orang tersebut memang memiliki kewenangan untuk menandatangani kontrak. perancangan kontrak juga perlu memperoleh verifikasi bahwa pihak pihak yang menandatangani kontrak memiliki kewenangan untuk mewakili badan usaha atau badan hukum yang bersangkutan
  • apakah bagian penutup kontrak memuat tanggal penandatanganan kontrak oleh masing masing pihak? kontrak dapat ditandatangani oleh masing masing pihak pada tanggal tanggal yang berbeda, dan ada kemungkinan tanggal tanggal penandatanganan berbeda dari tanggal kontrak yang dimulai dari awal kontrak, dan/atau tanggal efektif berlakunya kontrak

langkah langkah perancangan kontrak bisnis yang keempat adalah:

langkah untuk memeriksa penulisan rancangan kontrak yaitu:

A: apakah kalimat ditulis jelas dan sederhana

B: apakah kontrak dirancang dengan kalimat aktif

C: apakah kondisi telah diidentifikasi dengan jelas

contoh: jika…, maka…

langkah langkah perancangan kontrak bisnis yang kelima adalah:

berkenaan dengan desain dari dokumen kontrak yaitu:

  • apakah layout kontrak memberi kemudahan untuk dibaca

langkah langkah perancangan kontrak bisnis yang keenam adalah evaluasi kembali dengan kontrak.

demikianlah langkah langkah perancangan kontrak bisnis, sekian dan terimakasih. dan ucapan terimakasih saya ucapkan kepada ibu lusiana yang telah membimbing kami dalam mata kuliah perancangan kontrak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *