Makalah Musyarakah

Diposting pada
Makalah Musyarakah

Pada kesempatan kali ini serba makalah akan menyajikan tentang makalah musyarakah. Untuk memahami penjelasan tentang makalah musyarakah serba makalah menyajikan konsep dasar tentang musyarakah. Dan setelah itu akan ada berapa pembahasan lainnya dalam makalah musyarakah ini. Misalnya:

makalah musyarakah

  1. Konsep dasar
  2. Landasan hukum musyarakah
  3. Jenis-jenis musyarakah
  4. Rukun dan syarat musyarakah
  5. Cara membagi keuntungan dan kerugian pada musyarakah
  6. Berakhirnya musyarakah
  7. Musyarakah dalam teknis perbankan (hukum ekonomi syariah)

Nb: huruf cetak miring menandakan untuk melihat makalah musyarakah ada pada link download.

Konsep Dasar Pada Makalah Musyarakah

Istilah lain dari musyarakah adalah syarikah atau syirkah. Kata syirkah dalam bahasa Arab berasal dari kata syarika. Yasyruku, syarikan yang artinya menjadi sekutu atau serikat. Menurut arti asli bahasa arab (makna etimologis).
Menurut Zuhaily, musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk usaha tertentu yang masing masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesempatan bahwa keuntungan dan risiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan.

Sedangkan menurut Undang Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah Akad musyarakah adalah Akad kerjasama di antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu yang masing masing pihak memberikan porsi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan, sedangkan kerugian kerugian ditanggung sesuai dengan porsi dana masing masing.

Para mitra bersama sama menyediakan dana untuk mendanai sebuah usaha tertentu dalam masyarakat, baik usaha yang sudah berjalan maupun yang baru, selanjutnya salah satu mitra dapat mengembalikan dana tersebut dan bagi hasil yang telah disepakati nisabnya secara bertahap atau sekaligus kepada mitra lain. Investasi musyarakah dapat dalam bentuk kas, setara kas atau asset non kas. Dengan bergabungnya dua orang atau lebih, hasil yang diperoleh diharapkan jauh lebih baik dibandingkan dengan dilakukan sendiri., karena didukung oleh kemampuan akumulasi modal yang lebih besar, relasi bisnis yang luas, keahlian yang lebih beragam, wawasan yang lebih luas, pengendalian yang lebih tinggi dan lain sebagainya.


Demikianlah pembahasan mengenai makalah musyarakah yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak, dan mohon maaf. Referensi lainnya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *