Pengertian Benda dan Hukum Benda

Diposting pada
Pengertian Benda dan Hukum Benda
Pengertian Benda

Secara lazim, benda menurut KUHPerdata disebut sebagai zaak. Pasal 499 KUHPerdata menyatakan bahwa benda adalah tiap-tiap barang dan tiap-tiap hak yang dapat dikuasai hak milik. Ilmu pengetahuan hukum juga memberikan pengertian tentang benda, bahwa yang dimaksud benda adalah segala sesuatu yang dapat menjadi objek hukum dan barang-barang yang dapat menjadi milik serta hak setiap orang yang dilindungi oleh hukum.
Para sarjana juga memberikan pengertian mengenai benda. Berikut ini pengertian benda menurut para sarjana, diantaranya adalah:¹

  1. Prof. Soediman Kartohadiprodjo
    Benda adalah semua barang yang berwujud dan hak (kecuali hak milik)
  2. Prof. Sri Soedewi MS
    Benda pertama-tama ialah barang yang berwujud yang dapat ditangkap dengan panca indera, tetapi barang yang tak berwujud termasuk juga benda.
  3. Prof. Subekti
    Benda dalam arti luas adalah segala sesuatu yang dapat dihaki oleh orang, sedangkan perkataan benda dalam arti sempit adalah barang yang dapat terlihat saja.

Sehingga pengertian benda dapat disimpulkan bahwa benda itu merupakan segala sesuatu yang menjadi objek hukum serta dapat dihaki oleh setiap orang.

Baca juga penjelasan:

“Pengertian Hukum Perdata”

Pengertian Hukum Benda

Hukum Benda adalah terjemahan dari istilah bahasa Belanda, yaitu zaakenrecht. Menurut Prof. Soediman Kartohadiprodjo, hukum benda ialah semua kaidah hukum yang mengatur apa yang diartikan dengan benda dan mengatur hak-hak atas benda. Menurut Prof. L.J. van Apeldoorn, hukum benda adalah peraturan mengenai hak-hak kebendaan. Sedangkan menurut Prof. Sri Soedewi, yang diatur pertama-tama adalah mengenai pengertian dari benda, kemudian pembedaan macam-macam benda, dan selanjutnya bagian yang terbesar mengatur mengenai macam-macam hak kebendaan.²
Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud hukum benda adalah keseluruhan aturan yang mengatur mengenai benda beserta hak-hak yang melekat atas benda.

Demikianlah Pengertian Benda dan Hukum Benda yang dapat serba-makalah sajikan. Semoga bermanfaat, terimakasih banyak.

Nb:

¹P.N.H. Simanjuntak, Pokok-pokok Hukum Perdata Indonesia, Jakarta, Djambatan, hlm. 203

²P.N.H. Simanjuntak, Pokok-pokok Hukum Perdata Indonesia, Jakarta, Djambatan, hlm. 204

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *