Pengertian Hukum Dagang

Diposting pada

serba-makalah pada kesempatan kali ini akan menyajikan:

Pengertian Hukum Dagang

Pengertian hukum dagang secara deskriptif tidak ditemukan dalam Kitab Undang-Undang Perdata maupun dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang. Sehingga pengertian hukum dagang secara deskriptif hanya ditemukan dalam dokrin hukum yang berkembang sesuai dengan perkembangan hukum dagang dan perdagangan yang selalu berkembang dari masa ke masa.

berikut merupakan Pengertian Hukum Dagang menurut para ahli:

C.S.T. Kamsil menjelaskan bahwa hukum dagang sebagai hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan dalam usahanya memperoleh keuntungan. Hukum dagang juga dapat diartikan sebagai hukum yang mengatur hubungan hukum antara manusia-manusia dan badan-badan hukum satu sama lainnya dalam lapangan perdagangan.

Menurut R. Soerjatin, hukum dagang merupakan kesatuan ketentuan ketentuan yang berlaku terhadap seseorang pedagang yang menjalankan suatu perusahaan, ketentuan-ketentuan mana terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang, dalam hal-hal khusus perdagangan.

Menurut Achmad Ichsan, hukum dagang merupakan hukum yang mengatur soal-soal perdagangan atau perniagaan, ialah soal-soal yang timbul karena tingkah laku manusia (persoon) dalam perdagangan atau perniagaan. Hal ini selaras dengan pandangan R. Soekardono.

R. Soekerdono menjelaskan bahwa hukum dagang merupakan bagian dari hukum perdata pada umumnya, yaitu yang mengatur masalah perjanjian dan perikatan-perikatan yang diatur dalam Buku III Kitab Undang Undang Hukum Perdata.

Sedangkan berdasarkan Kamus Istilah Hukum Belanda Indonesia menjelaskan bahwa hukum dagang (Handelsrecht) merupakan keseluruhan dari aturan hukum mengenai perusahaan dalam lalu lintas perdagangan, sejauh mana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan beberapa undang-undang tambahan.

Dapat disimpulkan bahwa hukum dagang merupakan himpunan peraturan-peraturan yang mengatur seseorang dengan orang lain dalam kegiatan perusahaan yang terutama terdapat dalam kodifikasi Kitab Undang Undang Hukum Dagang dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Hukum dagang juga dapat diartikan sebagai kaidah yang mengatur tentang dunia usaha atau bisnis dan dalam lalu lintas perdagangan. Hal ini selaras dengan pandangan H.M.N. Purwosutjipto yang menjelaskan bahwa hukum dagang merupakan hukum yang terletak dalama lapangan hukum perikatan, yang khusus timbul dari lapangan perusahaan.

demikianlah Pengertian Hukum Dagang, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

nb: Dijan Widijowati, Hukum Dagang, (Yogyakarta: Andi, 2012), hlm. 10-11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *