Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah

Diposting pada

 

pada kesempatan kali ini serba-makalah.com akan menyajikan penghapusan dan pemindahtanganan barang milik daerah.

salah satu pengelolaan aset adalah penghapusan dan pemindahtanganan, memurut Pasal 23 PP No.27/2014 yang dimaksud dengan penghapusan adalah:

“tindakan menghapus barang milik negara/daerah dari daftar barang dengan menerbitkan keputusan dari pejabat yang berwenang untuk membebaskan pengelola barang, pengguna barang, dan/atau kuasa pengguna barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya”.

untuk aset yang sudah lama dan tidak dapat digunakan secara optimal lagi oleh pemerintah daerah, aset tersebut dapat dilakukan penghapusan, selain secara ekonomis lebih menguntungkan bagi daerah apabila dihapus, karena biaya operasional dan pemeliharaan lebih besar dari manfaat yang diperoleh.

berbicara mengenai penghapusan dan pemindahtanganan barang milik daerah tidak afdhol kalau tidak membahas tentang pemindahtangananbenda milik daerah.

pemindahtanganan menurut Pasal 17 PP No.27/2014 pemindahtanganan adalah pengalihan kepemilikan barang milik negara/daerah.

dan menurut Perda No.3/2014 Pasal 22 Pemindahtanganan adalah:

pengaihan kepemilikan barang milik daerah sebagai tindak lanjut dari penghapusan dengan cara dijual, dipertukarkan, dihibahkan atau disertakan sebagai modal pemerintah daerah

demikianlah penghapusan dan pemindahtanganan barang milik daerah, untuk catatan bahwa perda disini merupakan perda DIY, untuk perda yang lain bisa menyesuaikan dengan perda terkait. sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

NB: artikel ini dikutip dari seminar proposal teman saya M AULIYA RAHMAN yang berjudul “Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah terkait Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *