Perbedaan Cyber Crime dengan Computer Crime

Diposting pada

serba-makalah pada kesempatan kali ini akan menyajikan:

Perbedaan Cyber Crime dengan Computer Crime

Cyber crime dan computer crime merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi pengertian. Perbedaan cyber crime dengan computer crime akan dijelaskan dalam uraian berikut:

Cyber crime menurut pandangan Indra Safitri adalah jenis kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan sebuah teknologi informasi tanpa batas serta memiliki karekteristik yang kuat dengan sebuah rekayasa teknologi yang mengandalkan pada tingkat keamanan yang tinggi dan kredibilitas dari sebuah informasi yang disampaikan dan diakses oleh pelanggar internet. Computer crime merupakan perbuatan melawan yang dilakukan dengan memakai komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Sedangkan Cyber crime bukan hanya mengandalkan  kecanggihan teknologi komputer, akan tetapi juga melibatkan teknologi telekomunikasi di dalam pengoperasiannya.

Perbedaan cyber crime dengan computer crime secara mendasar dikemukakan oleh Nazur Abdul Manaf adalah adanya unsur komputer yang terkoneksi melalui perangkat telekomunikasi dalam bentuk internet online yang menjadi media bagi seseorang atau kelompok untuk melakukan pelangaran.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan cyber crime dengan computer crime, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *