Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif dan Generatif

Diposting pada

serba-makalah pada kesempatan kali ini akan menyajikan:

Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif dan Generatif

Perkembangbiakan hewan secara vegetatif terjadi tanpa melalui perkawinan atau pembuahan sel telur dan hanya membutuhkan satu individu atau induknya. Berikut perkembangbiakan hewan secara vegetatif:

a. Membelah diri

membelah diri dilakukan oleh hewan tingkat rendah atau bersel satu. Jenis hewan tingkat rendah misalnya protozoa, antara lain Amoeba dan Paramecium.

b. Fragmentasi

Fragmentasi adalah cara berkembang biak makhluk hidup dengan membentuk individu baru dari potongan tubunhnya, misalnya pada cacing pipih.

c. Tunas

Tunas terbentuk dari dinding tubuh induk yang menonjol. Tunas dapat tumbuh menjadi besar, kemudian memisahkan diri dari induknya dan tumbuh menjadi individu baru.

Perkembangbiakan hewan secara generatif ditandai dengan adanya peristiwa perkawinan, yaitu peristiwa pertemuan antara sel kelamin jantan (sperma) dengan sel kelamin betina (sel telur ovum). Berikut perkembangbiakan hewan secara generatif.

a. Bertelur

Cara berkembangbiak dengan bertelur disebut ovipar. Telur (ovum) dihasilkan oleh hewan betina. Alat kelamin yang menghasilkan telur yaitu indung telur (ovarium). Telur telur tersebut akan dibuahi oleh sperma dari hewan jantan. Alat kelamin jantan yang menghasilkan sperma disebut testis. Bertemunya sperma dengan sel telur disebut pembuahan. Pembuahan terjadi saat hewan melakukan perkawinan. Terdapat dua cara pembuahan pada hewan, yaitu:

  • pembuahan luas (eksternal), terjadi di luar tubuh hewan, misalnya pada katak dan ikan mas.
  • pembuahan dalam (internal), terjadi di dalam tubuh hewan betina, misalnya pada ayam, merpati, dan kura kura.

b. Melahirkan

Cara berkembangbiak dengan melahirkan disebut vvivipar. Hewan yang melahirkan termasuk dalam golongan mamalia, yaitu hewan yang memiliki kelenjar susu. Hewan mamalia yang melahirkan antara lain:

  • mamalia darat (hidup di darat), misalnya sapi, kucing, harimau, kuda.
  • mamalia air (hidup di air), misalnya paus dan lumba lumba.

c. Bertelur dan beranak

Cara berkembangbiak dengan bertelur dan beranak disebut ovovivipar. Induk hewan yang berkembang baik secara ovovivipar akan bertelur, tetapi telur tetap berada di dalam tubuh induk. Contoh, misalnya ular dan kadal.

Demikianlah uraian Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif fan Generatif, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *