Setelah Berbuka Puasa, Bacalah Doa Buka Puasa Ini

Diposting pada
Keutamaan Berpuasa serta Bacaan Doa Buka Puasa

Doa buka puasa – sebagai bagian dari pada rukun islam yang keempat, puasa merupakan suatu amalan yang wajib untuk kita laksanakan sebagai umat muslim. Puasa wajib di sini yang dimaksudkan ialah puasa Ramadhan seperti yang selalu kita laksanakan setiap tahunnya. Dan di balik perintah untuk melaksanakan puasa selama sebulan ternyata tersimpan sejuta hikmah yang bisa kita ambil sebagai umat muslim. Bisa dikatakan bahwasanya memang semua perintah dan ajaran dalam islam tidak ada satu pun yang merugikan manusia.

Adapun pelaksanaan puasa sendiri sebenarnya sudah sama – sama kita pahami karena setiap tahunnya selalu kita laksanakan. Puasa berarti menahan dari hawa nafsu, baik nafsu untuk makan maupun nafsu untuk minum. Juga nafsu untuk melakukan segala keburukan dan menahan diri untuk senantiasa berada dalam kebaikan. Puasa diawali mulai dari pagi hari terbit fajar hingga masuk waktu maghrib. Sangat disunnahkan kepada umat muslim untuk juga melaksanakan sahur di pagi harinya karena sahur pun juga memiliki keutamaan yang luar biasa. Jadi, jangan hanya berbuka puasanya saja yang semangat, tetapi sahur pun juga harus semangat. Bukan persoalan akan kuat tidaknya puasa, tetapi karena keutamaan dari sahur terutama yang dilakukan di waktu akhir sebelum muncul fajar. Selain melakukan rukunnya puasa, sebagai umatnya Rasulullah Saw kita juga sangat dianjurkan untuk mengikuti adab berpuasa, salah satunya ialah membaca doa buka puasa.

doa buka puasa

Semua sudah tahu, kan bagaimana doa buka puasa? Kebanyakan sudah mengerti, namun ada juga sebagian yang mungkin belum mengerti. Berikut adalah lafadz dari doa buka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman. KepadaMu aku berserah diri dan dengan rizkiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Untuk versi lainnya seperti yang serba makalah kutip dari nu.or.id, misalnya “doa buka puasa lengkap (link)” dan “doa buka puasa yang diajarkan Rasulullah SAW (link)”

Kebanyakan orang juga masih banyak yang belum mengerti kapan kita sebaiknya membaca doa buka puasa. Banyak dari kaum muslimin yang memanjatkan doa buka puasa sama seperti dengan doa akan makan, yakni pada saat akan makan atau berbuka. Padahal waktu memanjatkan doa buka puasa yang baik ialah ketika kita sudah selesai berbuka puasa. di situlah sebenarnya doa buka puasa tersebut dilakukan. Akan tetapi bukan berarti doa buka puasa yang selama ini sudah dilakukan di awal sebelum berbuka itu sia – sia.

Keutamaan mengapa umat muslim diwajibkan untuk berpuasa ialah salah satunya untuk sarana menahan hawa nafsu. Selain itu, berpuasa juga membuat kita akan menjadi lebih bersyukur. Dengan berpuasa kita akan merasakan lapar dan haus seperti yang juga dialami oleh fakir miskin. Dengan demikian maka rasa syukur kita juga akan meningkat. Selain itu, berpuasa ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Dengan berpuasa, pencernaan manusia akan bersih, jantung menjadi kuat, dan tubuh pun terasa semakin segar. Mengingat akan besarnya manfaat berpuasa, mari semakin kita tidak meninggalkannya dan akan lebih bagus bilamana kita sebagai umatnya Rasulullah juga bersedia untuk melaksanakan puasa sunnah.

Demikian ulasan singkat tentang keutamaan berpuasa serta bacaan doa buka puasa yang biasa kita pakai. Semoga kita bisa menjadi bagian umat Rasulullah Saw yang benar – benar bisa menjaga dan menahan diri dari segala hawa nafsu. Juga menjadi umat yang senantiasa bisa menyusukuri nikmat Allah. Semoga bermanfaat. Salam serba makalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *