Tata Cara Pelaksanaan dan Fadhilah Membaca Doa Qunut Subuh

Diposting pada
Tata Cara Pelaksanaan dan Fadhilah Membaca Doa Qunut Subuh

Doa Qunut Subuh – Secara etimologi kata Qunut berasal dari bahasa arab yang memiliki beberapa makna diantaranya berdiri lama, selalu taat, tunduk, dan khusu. Sedangkan secara istilah qunut adalah doa yang dibaca seorang muslim dalam sholat. Doa qunut sendiri ada dua macam, yaitu qunut subuh dan qunut nazilah.

Selama ini perlu tidaknya untuk melangsungkan doa qunut subuh pada waktu rakaat terakhir di sholat subuh setelah ruku’ banyak menjadi perdebatan. Sebagian kelompok mengklaim bahwasanya doa qunut itu tidak disunnahkan untuk umat muslim laksanakan karena mengambil dasar dari salah satu hadits sahabat Anas r.a di mana Rasulullah SAW melaksanakan doa qunut subuh selama sebulan pada waktu terjadi kecelakaan lalu beliau meninggalkannya. Namun kelompok lain beroendapat bahwasanya doa qunut subuh merupakan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada waktu subuh.

Kedua perndapat yang berbeda ini sama – sama memiliki dasar yang kuat sehingga perihal wajib tidaknya doa qunut subuh untuk dilaksanakan sebenarnya tidak perlu untuk dijadikan perdebatan panjang antar golongan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwasanya umat islam masing – masing memiliki madzab yang berbeda yang digunakan sebagai patokan rujukan dalam mengamalkan sesuatu, dan oleh karena itu bilamana ada perbedaan atau khilafiyah tidaklah perlu untuk dijadikan perselisihan.

doa qunut subuh

Terkait hukum membaca doa qunut subuh, madzab syafi’i telah sepakat bahwasanya membaca doa qunut subuh itu hukumnya sunnah ab’ad yang mana sunnah ini sangatlah dianjurkan dan hampir mendekati wajib. Bagi yang menjalankan sunnah ab’ad maka akan mendapatkan pahala dan bagi yang meninggalkannya maka dianjurkan untuk menggantinya dengan sujud syahwi di akhir sholat sebelum salam. Mengingat akan betapa besarnya fadhilah dari doa qunut subuh, sebaiknya kita sebagai umat muslim bersedia untuk melaksanakannya sebagai wujud kecintaan kita kepada Rasulullah dengan mengamalkan sunnahnya dan juga untuk doa keselamatan. Berikut lafadz dari doa qunut subuh yang biasa dipakai pada waktu sholat subuh.

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْت وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْت فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْت وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْك وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Dengan melihat maknanya yang tersurat di atas kita bisa mengetahui bahwasanya doa qunut subuh merupakan doa untuk meminta keselamatan, ilmu yang bermanfaat, dan permohonan kepada Allah supaya selalu diberikan kebaikan yang melimpah. Di Indonesia yang mayoritas beragama Islam sendiri, mayoritas ulamanya’ terutama dari kalangan Nahdliyin telah menyepakati untuk sama – sama membaca doa qunut subuh. Selain itu, pembacaan doa qunut juga dilaksanakan pada saat 15 hari terakhir bulan ramadhan, tepatnya di saat rakaat sholat witir yang terakhir setelah sholat tarawih.

Demikianlah penjelelasan mengenai Tata Cara Pelaksanaan dan Fadhilah Membaca Doa Qunut Subuh yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *