Tata Cara Pelaksanaan dan Lafadz Bacaan Doa Sholat Dhuha, Fadhilah

Diposting pada
Tata Cara Pelaksanaan dan Lafadz Bacaan Doa Sholat Dhuha, Fadhilahnya

Doa sholat dhuha – Umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan ibadah sholat dhuha ini. sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama islam. Sholat dhuha dilaksanakan pada waktu pagi hari mulai dari sejak matahari mulai naik hingga matahari condong ke barat. Namun pelaksanaan sholat dhuha yang paling utama adalah di waktu seperempat siang atau sekitar di atas jam 10 pagi. Sholat dhuha adalah sholat sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan mengingat keutamaan yang diberikan Allah pada waktu dhuha sangatlah luar biasa. Dalam Al Qur’an waktu dhuha disebut berkali – kali, dan salah satunya ada di surah ad-Dhuha.

Sholat dhuha dilaksanakan dengan cara dua rakaat salam dan begitu seterusnya. Beberapa ulama’ menganjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha sebanyak delapan rakaat dengan empat kali salam. Fadhilah dari pelaksanaan sholat dhuha adalah untuk mendekatkan dan memudahkan datangnya rizki. Adapun lafadz dari niat sholat dhuha ialah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat melakukan shalat sunat dhuha 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta’ala.

Kemudian pada saat pelaksanaan sholat dhuha disunnahkan untuk membaca surah Asy- Syams pada waktu rakaat pertama dan membaca surah ad-Dhuha pada waktu rakaat kedua. Kedua surah ini dibaca setelah selesai membaca surah al Fatihah yang merupakan bagian dari pada rukun sholat. Bilamana belum hafal bacaan surah asy- Syams dan surah ad- Dhuha sebaiknya maka boleh membaca surah Al Kafirun pada rakaat yang pertama dan membaca surah al Ikhlas pada rakaat sholat yang kedua. Sementara itu untuk tata cara pelaksanaannya juga sama dengan sholat fardhu yakni harus mengikuti syarat dan rukunnya agar sah dan diterimanya sholat dhuha.

Usai melaksanakan sholat dhuha, jangan langsung bergegas pergi dari tempat sholat terlebih dahulu. Sangat dianjurkan sekali bagi umat muslim yang baru saja selesai melaksanakan sholat supaya juga mengerjakan wiridan atau dzikir. Bacaan yang dibaca boleh sama dengan bacaan dzikir yang biasa dibaca ketika selesai sholat fardhu, dan akan jauh lebih baik bilamana mau menambahkan bacaan dzikir dengan kalimat tayyibah yang lain hingga 100x misalnya. Seperti biasa, usai berdzikir maka langsung saja mengerjakan doa sholat dhuha. Adapun bacaan doa sholat dhuha ialah sebagai berikut:

َللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

doa sholat dhuha

Doa sholat dhuha tersebut boleh ditambahkan dengan doa yang lain yang sekiranya menjadi hajat atau maksud Anda. Jadi, doa sholat dhuha tersebut tidaklah wajib melainkan sebagai salah satu tuntunan saja. Di antara fadhilah melaksanakan sholat dhuha yang lain ialah pahalanya sama dengan bersedekah 360 kali. Maka bagi siapa pun yang sekiranya belum mampu untuk bersedekah sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha. Bahkan ada pula ulama’ yang menyebutkan bahwa ruas tulang manusia sebanyak 360 bisa disedekahi dengan cara melakukan sholat dhuha. Wallahu a’lam bisshawab.

Demikianlah pembahasan mengenai Fadhilah, Tata Cara Pelaksanaan, dan Lafadz Bacaan Doa Sholat Dhuha yang dapat serba makalah sajikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih banyak dan mohon maaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *